• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Dosen CPNS Baru FISIP UPN “Veteran” Jakarta Jalani Program Magang Intensif

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 17 Mei 2018
  • Penulis : Hendrik Okta Ardhani, S,Kom
  • Hits : 196

Dosen CPNS Baru FISIP UPN “Veteran” Jakarta Jalani Program Magang Intensif

RELEASE_Sosialisasi_Dosen_Baru.jpg

Kampus UPNVJ Pondok Labu (17/5) - Kampus Bela Negara Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) mendapatkan suntikan tenaga baru yaitu delapan orang pengajar yang berusia muda. Diharapkan dengan kehadiran tenaga baru ini dapat ikut memajukan FISIP UPNVJ ke depannya. Dalam rangka menyiapkan tenaga baru ini agar siap menjadi pengajar yang professional, diadakan program magang khusus yang diintensifkan untuk mereka.

Bertempat di ruang rapat Dekanat FISIP UPNVJ, delapan Dosen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang terdiri atas tiga orang dosen CPNS Prodi Hubungan Internasional dan lima orang dosen CPNS Prodi Ilmu Komunikasi mendapatkan materi sosialisasi sebagai bagian dari magang. Dekan FISIP UPNVJ, Dr. Antar Venus, MA.Comm terjun langsung sebagai mentor pada minggu pertama kegiatan magang, yang berlangsung sejak 14 Mei 2018 dan berakhir pada 23 Mei 2018.

“Untuk mengawali program magang, kalian akan belajar mendalami materi tentang Statuta UPNVJ Nomor 87 Tahun 2017 dan Peraturan Rektor UPNVJ Nomor: 015 Tahun 2017 Tentang Peraturan Akademik”, ungkap Venus. Materi tersebut merupakan bekal awal CPNS untuk menjadi Dosen profesional sesuai yang diamanatkan Kemenristekdikti.

Hal tersebut juga berkaitan dengan kedelapan dosen CPNS yang disiapkan sebagai penerus dari UPNVJ, sehingga pemahaman tentang statuta universitas sebagai pegangan hukum dan aturan dasar bagi segala hal yang berlangsung di kampus FISIP UPNVJ menjadi sangat signifikan. Diharapkan kedepannya seluruh pendidik dan tenaga kependidikan memahami dan mengetahui peraturan yang berlaku dan tidak menebak-nebak lagi bagaimana sebetulnya peraturan yang berlaku.

Dekan FISIP UPNVJ juga mengatakan bahwa kedelapan orang Dosen CPNS dari Prodi Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional akan berdiskusi mendalam mengenai materi UU Guru dan Dosen, konsep Standar Nasional Perguruan Tinggi, memahami Visi, Misi, dan Rencana Strategis Fakultas, budaya PIKIR untuk Dosen, dan sistem regulasi fakultas.

“Setelah alih status dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Baru, UPNVJ memiliki banyak pekerjaan untuk bertransformasi menjadi PT yang lebih baik sesuai visi Universitas yaitu menuju Perguruan Tinggi Badan Hukum Inovatif, dan Berdaya Saing yang Beridentitas Bela Negara Tahun 2025. Oleh karena itu, kami sangat berharap para dosen CPNS ini menjadi nilai tambah dalam menggerakkan perubahan positif di dalam dan di luar kampus” tegas Venus, Dekan FISIP UPNVJ.  

Venus juga menjelaskan tentang FITrans yaitu FISIP Bertransformasi yang ditujukan untuk seluruh sivitas akademika FISIP UPN Veteran Jakarta yang terdiri atas lima komitmen dan sembilan program prioritas. Lima komitmen dari FITtrans berisi tentang we before me, continuous improvement, exellence, professionalism, dan simplicity. Sedangkan sembilan program yang sedang digalakkan oleh FISIP mengacu kepada Penguatan Tata Kelola Organisasi, Penguatan Fungsi & Peran Program Studi, Peningkatan Kualifikasi Dosen & Tenaga Pendidik, Pembangunan Budaya Akademik & Riset, Pemenuhan Standar Nasional Perguruaan Tinggi, Kegiatan Kemahasiswaan Prestatif & Kompetitif, Perluasan Jejaring & Kerjasama Lembaga, Implementasi Identitas Bela Negara, dan Peningkatan Sarana & Prasarana Fakultas.

Dosen CPNS dilatih pula untuk memanfaatkan sumber-sumber data penelitian, seperti Ebscohost, Perpusnas dan Proquest. “Kami diminta untuk mengunduh Jurnal Internasional lima tahun terakhir. Setiap orang wajib mengunduh minimal 50 jurnal dalam sehari”, ungkap Andi Kurniawan salah satu Dosen CPNS dari Prodi Hubungan Internasional. Menurut Venus tujuannya sebagai motivasi dan referensi untuk mencari gagasan bagi Dosen dalam menulis publikasi ilmiah sebagai bagian dari penelitian. Pengunduhan jurnal-jurnal tersebut sangat penting bagi kemajuan baik pribadi tenaga pengajar maupun bagi FISIP UPNVJ. Masing-masing Dosen memilih topik masing-masing sesuai minat dan kompetensi mereka, dengan harapan kegiatan tersebut tidaklah dianggap sebagai sebuah tugas, melainkan dilakukan dengan penuh kesukacitaan dan sepenuh hati. (Febi/Intan/Lukman)

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f