• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Bersama FITrans Membangun budaya Unggul

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 09 Juli 2018
  • Penulis : Hendrik Okta Ardhani, S,Kom
  • Hits : 297

Pada tanggal 16 Mei 2018 para CPNS dosen FISIP berkesempatan untuk mendapatkan materi tentang Renstra Fakultas. Pada kali ini materi yang disampaikan sendiri oleh Dekan FISIP UPNVJ Bapak Dr. Antar Venus, M.A.Comm menjelaskan secara gamblang pengembangan renstra FISIP UPNVJ pada periode kepemimpinan beliau.

Renstra yang terdapat di FISIP UPNVJ merupakan perwujudan dari FITrans (FISIP Bertransformasi) yang merupakan penurunan dari konsep PIKIR (Professional, Integritas, Kejuangan, Inovatif, dan Responsif) yang merupakan budaya organisasi dari UPNVJ menjadi konsep lokal yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terdapat di FISIP yang terwujud dalam 5 komitmen nilai FISIP dalam bertransformasi adapun nilai – nilai tersebut adalah:

  1. We Before Me (Mendahulukan Kepentingan bersama)
  2. Continuous Improvement (Inovasi yang terus menerus)
  3. Excellence (Menjadi yang terdepan dalam performa)
  4. Professionalism (Bersikap professional)
  5. Simplicity (Penyederhanaan segala bentuk urusan)

Yang pada akhirnya nilai – nilai tersebut dirangkum menjadi satu semboyan yaitu “We Become Pros” yang menjadi tata acuan utama FISIP UPNVJ dalam menyusun renstra.

  Pada intinya perencanaan renstra di FISIP terbagi atas dua fokus yaitu internal dan eksternal dimana pada fokus internal FISIP UPNVJ berfokus pada mempertahankan kekuatan yang sudah ada pada FISIP yang sudah ada contohnya adalah letaknya yang strategis di ibu kota negara sehingga memungkinkan untuk mendapatkan informasi – informasi yang lebih aktual dan cepat terkait dengan perkembangan sosial politik di negara kita ini, selain itu juga memudahkan untuk bersinergi dengan lembaga – lembaga pemerintahan yang lain. Lalu letak kekuatan lainnya tentu saja kualitas mahasiswa yang masuk ke dalam FISIP ini adalah yang sumber daya yang unggul yang terseleksi secara ketat via jalur SNMPTN dan SBMPTN ditambah lagi pada rentang tahun 2015 – 2018 UPNVJ masuk dalam kisaran rangking 9 dan 11 terbaik nasional dalam penerimaan mahasiswa. Selain kekuatan tentu saja adalah memperbaiki kelemahan institusi agar bisa bersaing di era disrupsi ini dimana Perguruan Tinggi terutama yang Negeri harus bisa bersaing secara ketat dengan kampus – kampus lainnya, terutama dikaitkan dengan isu makin maraknya kampus – kampus asing yang membuka cabang di Indonesia dan juga maraknya online course yang mulai menjamur di dunia dan menjadi ancaman bagi kampus – kampus mapan. Oleh karena itu diperlukan pembenahan untuk menghadapi iklim trend global mulai dari fleksibilitas Prodi yang harus sinergi dengan perkembangan di dunia luar, lalu pembangunan konsep belajar berbasis online dan lain sebagainya.

Sedangkan pada Eksternal FISIP UPNVJ berencana untuk menjadikan institusinya sebagai pusat kajian Etnik Nusantara dimana hal ini masih belum dilirik banyak oleh kampus-kampus lainnya di Indonesia. Selain itu juga mulai mengarahkan ke kajian multidisiplin yang sekarang sudah mulai menjadi trend dalam penelitian di luar negeri.

Kesimpulan yang bisa ditarik dari kajian renstra FISIP kali ini adalah terwujudnya 9 aspek program  FITrans. Adapun aspek-aspek dalam transformasi itu adalah:

  1. Penguatan Tata Kelola Organisasi
  2. Penguatan Fungsi dan Peran Prodi
  3. Pembangunan Budaya Akademik dan Riset
  4. Pemenuhan Standar Nasional Perguruan Tinggi
  5. Peningkatan Kualifikasi Dosen dan Tendik
  6. Kegiatan Kemahasiswaan yang Prestatif dan Kompetitif
  7. Perluasan Jejaring dan Kerjasama Lembaga
  8. Implementasi Identitas Bela Negara
  9. Peningkatan Sarana dan Prasarana Fakultas

Dengan adanya 9 poin FITrans ini diharapkan FISIP UPNVJ bisa meningkatkan kemampuannya untuk siap bersaing dan berkompetisi secara global (Yoga/Rizkiya).

Foto_Artikel.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f