• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Africa Day Jakarta: Potensi Kerjasama Indonesia dan Afrika Relatif Besar

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 27 Mei 2019
  • Penulis : RIYANA PUTRI NURKHALISA
  • Hits : 197

Africa_Day.jpg

FISIP UPNVJ - Dalam rangka peringatan Africa Day, Grup Duta Besar Negara Afrika di Indonesia menyelenggarakan diskusi panel yang membahas perkembangan hubungan bilateral antara Indonesia dan Negara Afrika khusus dari segi ekonomi, perdagangan dan investasi. Africa Day diperingati setiap tahun pada tanggal 25 Mei sebagai hari bersejarah dalam persatuan bangsa-bangsa merdeka di benua Afrika yang kemudian membentuk organisasi Organization of African Unity  (sekarang bernama African Union (AU).

Atas undangan dari Duta Besar Aljazair untuk Indonesia, Yang Mulia M. Aziria Abdelkader yang memimpin Grup Dubes Negara Afrika di Indonesia, FISIP UPNVJ mendapat kehormatan untuk menjadi salah satu panelis dalam diskusi yang diadakan sebagai rangkaian acara peringatan Hari Afrika. Mewakili UPNVJ dalam kegiatan ini adalah Andi Kurniawan, dosen Hubungan Internasional FISIP UPNVJ yang juga bertugas sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Inovasi LPPM UPNVJ.

Kegiatan diskusi yang dimoderatori oleh Dubes Ethiopia, Yang Mulia Profesor Admasu Tsegaye, tersebut, juga menghadirkan para Duta Besar Negara Afrika yaitu Dubes Nigeria Yang Mulia Hakeem Balogun, Dubes Aljazair Yang Mulia M. Aziria Abdelkader, Dubes Afrika Selatan Yang Mulia Dr. Hilton Fisher, Dubes Sudan Yang Mulia Abdel Rahim Al Siddig Mohamed dan Direktur Afrika Kementerian Luar Negeri RI Bapak Daniel Tumpal S. Simanjuntak.

Dalam paparannya, Andi Kurniawan menyampaikan bahwa potensi hubungan ekonomi antara Indonesia dengan Afrika relatif besar. Kendati demikian, dibandingkan dengan hubungan Indonesia dengan kawasan lainnya, share perdagangan Indonesia dengan kawasan Afrika hanya sekitar 3 persen. Kondisi yang relatif sama juga terjadi dalam kerjasama investasi antara kedua belah mitra.

Menurut Andi Kurniawan, hal ini disebabkan antara lain persepsi para pelaku usaha yang masih melihat Afrika dalam situasi di masa lalunya, kendala tarif dan non tarif yang masih dirasakan oleh para eksportir Indonesia, minimnya informasi terkait dengan regulasi perdagangan dan investasi di Afrika serta jaminan shipment of goods khusus ke wilayah yang rentan perselisihan politik keamanan.

Sementara itu, Direktur Afrika Kemlu Bapak Daniel Tumpal menambahkan faktor pembiayaan juga masalah penting yang perlu kita perhatikan. Bank Exim perlu memberikan fasilitas yang memadai agar para pelaku usaha tertarik untuk melakukan ekspansi usaha mereka ke Afrika.

Mewakili Rektor UPN Veteran Jakarta dalam peringatan Hari Afrika ini, Dr. Dudy Heryadi, M. Si Dekan FISIP UPNVJ dan Dr. Anter Venus, MA.Comm Wakil Rektor Bid. Akademik.

Disela-sela kegiatan, Dr. Dudy Heryadi, M.Si menyampaikan selamat Hari Afrika kepada para Duta Besar yang ditemuinya dan harapan UPNVJ untuk menjalin kerjasama internasional dengan kampus-kampus di Afrika.

Kegiatan diakhiri dengan Buka Puasa dan Resepsi Makan Malam yang dihadiri oleh Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal RI, Yang Mulia Eko Putro Sandjojo.

Happy Africa Day 2019

(Penulis: Andi Kurniawan)

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f