• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Fisip UPN Veteran Jakarta dan Survey Indeks Kualitas Siaran TV Periode I Tahun 2018

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 25 Juli 2018
  • Penulis : Hendrik Okta Ardhani, S,Kom
  • Hits : 290

Survey Indeks Kualitas Program Siaran Televisi merupakan program prioritas dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Pada tahun 2018, KPI bersama 12 Perguruan Tinggi Negeri di 12 kota besar di Indonesia telah melaksanakan survey periode pertama pada bulan (April-Mei 2018). Program studi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jakarta terlibat langsung dalam kegitan survey untuk wilayah DKI Jakarta. 10 Dosen UPN Veteran Jakarta terlibat langsung menjadi Panel Ahli untuk memberikan penilain terhadap kualitas isi siaran. 10 Mahasiswa dari program studi Ilmu Komunikasi terlibat langsung juga dalam kegiatan ini menjadi surveyor di 5 wilayah kotamadya.

Ekspose hasil Survey Kualitas Program Siaran Televisi periode pertama tahun 2018 dilaksanakan oleh KPI pada tanggal 25 Juli 2018 bertempat di Ballroom Mezzanire Hotel Aryaduta, Jakarta. Pada kegiatan ini KPI mengundang seluruh Direktur TV Swasta dan Pemerintah, Ketua KPID seluruh Indonesia, Dewan Periklanan Indonesia, Asosiasi Perusahaan Pengiklan Indonesia, Asosiasi Televisi Swasta seluruh Indonesia, Rektor dari 12 PTN yang terlibat langsung dalam kegaiatan survey, dan masih banyak istansi lainnya.

KPI menetapkan standar minimal 3,00 untuk program siaran TV yang berkualitas. Berdasarkan hasil survey periode pertama secara umum diperoleh hasil indeks kualitas siaran TV berada di angka 2,84. Hasil menunjukkan pada umumnya kualitas siaran TV masih belum berkualitas. Ada empat program siaran TV yang dinilai berkualitas dengan melampaui angka indeks minimal KPI yaitu program Siaran Wisata Budaya memiliki nilai 3,21; Religi 3,19; program siaran anak 3,07; dan Takshow 3,01. Sedangkan untuk program siaran TV yang belum berkualitas sesuai dengan indeks minimal KPI adalah Program siaran Berita 2,98; Variety show 2,51; Sinetron 2,41, dan program siaran yang paling tidak berkualiras adalah Infotainment 2,35.

Hasil survey ini dapat menjadi masukkan bagi TV Swasta dan Pemerintah untuk memperbaiki kualitas siaran TV nya agar menjadi tontonan yang layak dan bermutu bagi seluruh pemirsanya.

-Kusumajanti-

IMG20180725145116.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f