• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

FISIP TRANSFORMASI: FISIP UPNVJ Bangun Laboratorium Radio dan Televisi Bertaraf Internasional

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 28 Desember 2018
  • Penulis : Hendrik Okta Ardhani, S,Kom
  • Hits : 212

FISIP.UPNVJ.AC.ID - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jakarta tengah melakukan peningkatan berbagai fasilitas pendukung perkuliahan. Peningkatan yang sedang dilakukan adalah pembangunan laboratorium akademik di lantai 4, Gedung Mohammad Yamin, UPN “Veteran” Jakarta yang telah dimulai pada awal bulan Oktober 2018 lalu.

Pembangunan ini merupakan realisasi dari rencana mentransformasi seluruh laboratorium program studi di Gedung FISIP UPN “Veteran” Jakarta. Di tahun 2018 ini, transformasi yang tengah dilakukan ialah merenovasi laboratorium televisi dan radio. Menurut Dekan FISIP UPN “Veteran” Jakarta, Dr. Antar Venus, laboratorium ini akan dilengkapi dengan fasilitas bertaraf internasional dan akan menjadi laboratorium perguruan tinggi negeri terbaik di Jakarta.

“Tahun ini yang menjadi prioritas pembangunan laboratorium adalah laboratorium televisi dan radio. Laboratorium televisi ada di sebelah kiri, lengkap dengan standar internasional semuanya. Studio produksi Televisi kita buat lengkap, mulai dari studio green screen, studio News hingga Talk Show, begitu juga tata suaranya, editingnya, juga dilengkapi news room dengan literatur siaran tv nasional dan internasional serta ruang MCR (Master Control Room). Termasuk nanti fasilitas peralatan akan kita sediakan dengan anggaran 4,5 Milyar. Jadi ini akan menjadi salah satu laboratorium televisi terbaik di Jakarta,” Ujar Dr. Antar Venus.

Lebih lanjut beliau memaparkan bahwa disana ada ruang untuk staf laboratorium juga posisi terpisah dari laboratorium radio on air dan off air. Laboratorium tersebut akan menjadi laboratorium terpadu yang nantinya dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang telah didapat untuk nantinya menghasilkan sebuah karya.

“Ini akan menjadi fasilitas yang sangat lengkap yang akan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menghasilkan karya yang bisa dikompetisikan baik ditingkat nasional maupun internasional,” tambahnya.

Rencana lebih lanjut, Dr. Antar Venus mengatakan bahwa pembangunan selanjutnya adalah mengembangan laboratorium fotografi, diplomasi, dan juga laboratorium sinema yang akan dilakukan tahun depan bersama dengan pengadaan peralatan penunjang. Tidak hanya itu, setelah pembangunan laboratorium radio dan televisi selesai dibangun, FISIP UPN VJ berencana membuat sebuah TV Komunitas dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bidang radio dan televisi.

Dengan adanya transformasi ini tentunya mahasiswa merespon dengan suka cita. Salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi, Muhammad Alif, mengaku senang dengan adanya pembangunan ini  semakin meningkat kreatifitas dan produksi masing-masing club mahasiswa dapat mengalami peningkatan.

“Tanggapan dari saya pribadi, dengan adanya pembangunan dari lab ini, Kedepannya diharapkan adanya kemajuan dari sarana dan prasarana dan juga peningkatan produksi dari masing-masing club itu sendiri,” Ujar Alif yang juga tergabung dalam club Five TV FISIP UPN Veteran Jakarta.

Dalam hal ini, keberadaan laboratorium merupakan  sarana yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa sebagai simulasi belajar dengan penggunaan teknologi sebagai bahan ajar. Dengan adanya laboratorium, mahasiswa juga dapat mempraktikkan apa yang telah didapatkan selama proses pembelajaran. Dengan demikian, tidak hanya teori yang didapatkan oleh mahasiswa tapi juga hasil terapan dari teori tersebut. (CS)

WhatsApp_Image_2018-11-09_at_19.48_.00_.jpeg

WhatsApp_Image_2018-12-26_at_08.59_.20_.jpeg

WhatsApp_Image_2018-12-26_at_08.58_.34_.jpeg

WhatsApp_Image_2018-10-15_at_14.53_.40_.jpeg

          

           

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f