• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

UPK Perkampungan Budaya Betawi Undang Perwakilan FISIP UPNVJ

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 23 April 2019
  • Penulis : RIYANA PUTRI NURKHALISA
  • Hits : 248

upkpbb.jpg

FISIP UPNVJ - Pada tanggal 22 Mei 2019, perwakilan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menghadiri acara Sosialisasi Budaya Betawi di Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Acara yang mengundang sejumlah perwakilan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Jakarta ini bertujuan untuk mengenalkan budaya betawi tentang sejarah dan aset-aset budaya betawi yang harus dijaga oleh kaula muda, khususnya para mahasiswa/i selaku agen perubahan.

Sosialisasi Budaya Betawi dimulai dengan pemaparan dari Sylviana Murni atau yang akrab dipanggil Mpok Sylvi. Beliau menghimbau agar para peserta dapat peduli dan turut serta melestarikan budaya Betawi. Pemaparan berikutnya dilanjutkan oleh Bang Yoyoh dan Bang Indra selaku anggota Forum Pengkajian dan Pengembangan UPK-PBB.

Selain seminar, pihak UPK-PBB juga menampilkan pagelaran seni tari tradisional dan Palang Pintu khas Betawi. Para peserta sangat antusias dan merasa banyak mendapatkan wawasan baru terkait kebudayaan Betawi.

Setelah puas dengan pemaparan dan pertunjukan seni tradisional, peserta juga diajak untuk mengikuti workshop, diantaranya ada workshop pembuatan Bir Pletok, Kerak Telur, miniatur Ondel-Ondel, kue Kembang Goyang, dan Selendang Mayang. Lalu ada pula workshop permainan tradisional seperti Congklak, Egrang, dan Engklek, serta workshop pembuatan Batik tulis yang memperbolehkan peserta untuk mencoba membatik secara langsung.

Pihak panitia berharap dengan adanya sosialisasi ini orang-orang dapat melihat potensi Setu Babakan sebagai tempat wisata edukatif yang menyenangkan bagi keluarga. Sehingga wisata budaya yang ditawarkan oleh UPK-PBB tidak akan kalah eksis dengan tempat-tempat wisata modern lainnya.

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f