• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Dialog Warek 1 dan Ketua FBN DKI Jakarta di Sela-Sela Kegiatan Abdimas

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 02 Agustus 2019
  • Penulis : RIYANA PUTRI NURKHALISA
  • Hits : 142
abdimas_FBN_2.jpg

FISIP UPNVJ - Dalam rangka pelaksanaan kegiatan abdimas, Kamis kemarin 1 Agustus 2019 di ruang JICoSSH FISIP UPN “Veteran” Jakarta diselenggarakan kegiatan Mini Workshop Event Management dan Fundrising serta Pendampingan Forum Bela Negara DKI Jakarta. Diikuti 25 orang peserta dari FBN DKI Jakarta, turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua FBN DKI Jakarta Mourist Kussoy dan salah seorang Dewan Pakar FBN DKI Jakarta Thiar Bramanthia. Disela-sela waktu istirahat kegiatan, Warek I menyempatkan diri menemui pengurus FBN DKI Jakarta, yaitu berdialog dengan Ketua FBN DKI Jakarta.

Warek I sangat mengapresiasi kinerja FBN yang sudah menyelenggarakan kegiatan kesadaran bela negara ke sekolah-sekolah, lingkungan tempat tinggal, maupun universitas. “Kegiatan ini sejalan dengan apa yg menjadi concern UPN. Hanya saja UPN punya perhatian lebih pada pendidikan bela negara kepada milenial, mengingat perlu pendekatan khusus dan realitas adanya kesadaran bela negara yang masih rendah karena berbagai faktor.” kata Warek I, Dr. Anter Venus.

abdimas_FBN_3.jpg

Dari hasil pertemuan dan diskusi ringan tersebut dicapai kesepakatan untuk meningkatkan hubungan yang sudah terbina antara universitas dengan FBN tingkat Nasional akan ditingkatkan ke arah yang makin serius yaitu penandatangan MOU baik antara UPN “Veteran” Jakarta dengan FBN DKI Jakarta tingkat nasional maupun antara FBN DKI Jakarta dengan FISIP UPNVJ. Lebih lanjut Warek II menambahkan, "Kolaborasi merupakan keniscayaan di Era 4.0 ini. UPNVJ karenanya akan menyambut hangat setiap peluang-peluang kerjasama dan berkolaborasi dengan pihak manapun yang mempunyai kesamaan ide, termasuk dengan FBN. Dan karena semakin banyak pihak yang terlibat dalam kolaborasi semakin baik, bukan tidak mungkin kolaborasi dalam kerja-kerja terkait isu-isu bela negara ini akan menggandeng pula pihak-pihak lain.”. Selai itu, Warek I juga menyampaikan sebagai bentuk keseriusan UPNVJ terhadap upaya peningkatan bela negara masyarakat, PUSKA Bela Negara yang sebelumnya di bawah FISIP akan diubah menjadi di bawah universitas dengan sejumlah penyesuaian. Tujuannya tentu agar kontribusi UPNVJ menjadi lebih besar dan lebih produktif selain ini sebagai konsekuensi UPNVJ sebagai kampus bela negara.

Terkait kegiatan abdimas yg dilaksanakan, Dr. Wahidah R. Bulan menjelaskan bahwa kegiatan dengan pendanaan LPPM ini dilaksanakan dengan tujuan agar para dosen dapat langsung berkontribusi pada penyelesaianpersoalan yang ada di masyarakat menjadi persoalan masyarakat. Tentang mengapa kegiatan Mini Workshop Event Management dan Sponshorship dipilih sebagai bentuk kegiatan, karena merupakan tindak lanjut assesment yang sebelumnya dilakukan dengan FBN DKI Jakarta melalui FGD. Yaitu bahwa FBN DKI Jakarta meski sudah banyak melakukan kegiatan namun memiliki banyak keterbatasan mengenai knowledge dan skill event management dan sponsorship. Kegiatan mini workshop ini berisi tiga materi: (1) How to do event management? yang diisi oleh Intan Putri Cahyani, M.I.Kom.; (2) How to write creative event proposal? yang diisi oleh Windhiadi Yoga Sembada, M.Si.; dan (3) Sponsorhip & Fundraising yang diisi oleh Dr. Wahidah R. Bulan, M.Si.

abdimas_4.jpg
Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f