• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Prodikom UPNVJ: Sosialisasi Pemanfaatan Media di Madrasah Mathla’ul Anwar Cijulang

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 01 Agustus 2019
  • Penulis : RIYANA PUTRI NURKHALISA
  • Hits : 86
Abdimas_Pak_Azwar.jpg

FISIP UPNVJ - Tim Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Jakarta melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kampung Cijulang, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Senin 29 Juli 2019, yang merupakan rangkaian dari program PKM tahun 2019 ini.

“Kami menyambut baik kunjungan Dosen UPN Veteran Jakarta ini ke desa kami, mudah-mudahan silaturrahim ini bukan yang pertama dan bukan yang terakhir dilaksanakan. Kita berharap nanti Dosen UPN Veteran Jakarta, bisa melaksanakan berbagai program di Desa Bojongkoneng khususnya, di Kabupaten Lebak pada umumnya,” ucap Mulyadi, tokoh masyarakat Gunungkencana yang mendampingi kegiatan PKM Tim Dosen Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN Veteran Jakarta tersebut.

Mulyadi yang juga pernah menjadi Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak tersebut juga menyampaikan bahwa perlu adanya sinergi antara lembaga pendidikan dan masyarakat di daerah agar bisa saling memberi kebaikan untuk masyarakat.

Sementara itu Hata Nurhata, Kepala Sekolah Madrasah Mathla’ul Anwar Cijulang menyampaikan bahwa masyarakat sudah menunggu-nunggu program seperti yang dilaksanakan oleh Tim Dosen UPN Veteran Jakarta ini.

“Kita menunggu kegiatan-kegiatan lain yang akan dilaksanakan oleh berbagai pihak di Madrasah Mathlaul Anwar Cijulang ini,” jelas Hata dalam kata sambutannya pada pembukaan acara PKM tersebut.

Dalam era digital dengan akses media massa yang sudah sangat masif ini, sekolah atau lembaga mau tidak mau harus memanfaatkan media massa sebagai alat promosi lembaganya.

“Lembaga apapun itu baik perusahaan, sekolah, atau yayasan harus mampu mengomunikasikan diri mereka sendiri pada masyarakat luas, hal ini agar tidak terjadi salah persepsi dari masyarakat,” ujar Azwar, M.Si., Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN Veteran Jakarta.

Abdimas_pak_azwar_2.jpg

Lebih jauh Azwar menyampaikan bahwa semestinya sebuah lembaga jangan membiarkan orang lain membangun persepsi yang salah tentang dirinya.

“Oleh sebab itu lembaga harus mengomunikasikan diri mereka dengan berbagai media yang bisa dimanfaatkan saat ini,” tutup Azwar, M.Si.

Pada dasarnya media saat ini sudah sangat beragam yang bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat.

“Tinggal sekarang bagaimana masyarakat; baik itu lembaga komersil, lembaga pendidikan, ataupun lembaga sosial memanfaatkan berbagai macam media tersebut untuk kepentingan mereka,” ucap Uljanatunnisa, MA., salah satu Tim PKM Prodi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta.

Sementara itu Dra. Siti Maryam, M.Si., Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UPN Veteran Jakarta yang juga merupakan salah satu anggota Tim PKM Prodi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta itu menambahkan bahwa media seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal yang positif oleh masyarakat.

“Idealnya, media tidak hanya digunakan untuk hal-hal yang negatif seperti menyebarkan hoax atau berita fitnah, namun masyarakat bisa menggunakan media untuk hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan,” jelas Dra. Siti Maryam, M.Si.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tahun 2019 ini dilaksanakan atas dukungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPN Veteran Jakarta. Selain di Lebak, program PKM dosen UPN Veteran Jakarta juga tersebar di berbagai daerah di Provinsi Banten. (Azwar)

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f