• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

FFBN 2019: Dari Workshop Jadi Film Pendek

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 21 Oktober 2019
  • Penulis : RIYANA PUTRI NURKHALISA
  • Hits : 57
workshop_fiber_ffbn_1.png

FISIP UPNVJ - Workshop Penciptaan Film Pendek oleh FIBER Production FISIP UPN “Veteran” Jakarta telah sampai pada sesi terakhirnya. Sebelumnya, para peserta telah mengikuti workshop dengan berbagai sub tema yang diisi oleh profesional di bidang film. Memasuki hari ke-4 pada tanggal 18 Oktober, Festival Film Bela Negara 2019 memberikan tugas yang sedikit berbeda dari workshop sebelumnya. Dari sejumlah peserta yang hadir, peserta dibagi kedalam 3 kelompok besar, lalu masing-masing kelompok diberikan tugas untuk melakukan praproduksi film pendek bertemakan “Industri 4.0 dan Budaya Nusantara pada Bela Negara” dengan durasi maksimal 5 menit. Selama mengerjakan tugas, peserta terlihat antusias karena dapat menerapkan materi yang sudah didapatkan sebelumnya.

workshop_fiber_ffbn_3.png

Pertama, peserta bisa melakukan produksi film pendek yang telah mereka konsepkan mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB disekitar UPN “Veteran” Jakarta.  Kemudian pada pukul 13.00 hingga 16.00 peserta dapat melakukan editing, dilanjutkan dengan screening film pendek tersebut, sekaligus evaluasi oleh pemateri workshop Satrio Pamungkas,  Satyani Adiwibowo,  Chevy Rozano,  Rara Gita Atmoko,  dan Ali Musthafa Khairi.

Pada saat evaluasi, pemateri benyak memberikan masukan-masukan untuk film yang telah di produksi peserta workshop. Meski begitu, peserta workshop tetap antusias dan sangat mendengarkan masukan-masukan dari para pemateri.

"Jangan kapok untuk membuat sebuah film. Jika ingin bisa,  kita harus sering-sering mengasahnya. Apa yang telah didapat dalam workshop ini bisa kita aplikasikan saat membuat sebuah film, karena film sifatnya lifetime sebagai sebuah medium" kata Satrio Pamungkas.

Workshop penciptaan film pendek ini merupakan salah satu rangkaian dari acara Festival Film Bela Negara 2019 yang dapat disaksikan juga secara online melalui Channel Youtube FIBER Pro - UPN Veteran Jakarta. Selain itu kegiatan ini didukung juga oleh Pusat Pengembangan Film, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbang Film, Kemendikbud) dan Sinematek Indonesia.

workshop_fiber_ffbn_5.png
Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f