• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

FFBN 2019: Meningkatkan Edukasi dan Kompetensi dalam Workshop Penciptaan Film Pendek

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 23 Oktober 2019
  • Penulis : RIYANA PUTRI NURKHALISA
  • Hits : 89
workshop_fiber_ffbn_6.png

FISIP UPNVJ - Dalam rangka Festival Film Bela Negara 2019, KSM Fiber Production Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jakarta mengadakan Workshop penciptaan Film Pendek. Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini dimulai sejak hari Selasa (15/10) dan akan berakhir pada hari Sabtu (19/10) mendatang.

Selama 3 hari kegiatan ini berlangsung, FIBER berhasil mengundang tokoh-tokoh profesional dari dunia perfilman. “Pada workshop kali ini, kita akan belajar bersama mengenai hal-hal terkait dengan pembuatan film pendek dengan pemateri yang sudah profesional dibidangnya,” ujar Alya Tazkia dalam sambutannya.

workshop_fiber_ffbn_2.png

Hari pertama dimulai dengan pemberian materi penulisan skenario oleh penulis naskah Lina Nurmalina dan materi manajemen produksi oleh produser film Satrio Pamungkas. Peserta workshop yang terdiri dari berbagai kalangan ini dibawa untuk mengenal bagaimana awal dari memproduksi sebuah film. 

Di hari kedua, peserta diberikan dua materi, antara lain materi penyutradaraan oleh Sutradara Chevy Rozano, serta sinematografi dan tata cahaya oleh seorang sinematografer Satyani Adiwibowo.  

Pada workshop yang berlangsung di laboratorium TV ini peserta tak hanya mendengarkan pemaparan materi tetapi mereka juga mempraktikkan apa yang sudah dipaparkan oleh pemateri. Misalnya dalam hal penyutradaraan, Chevy mengajak peserta menggambar floorplan dan membuat director shot untuk panduan syuting begitu pula dengan Satyani Adiwobowo yang mengajak peserta untuk membongkar anatomi kamera dan mengatur bloking kamera untuk syuting.  

workshop_fiber_ffbn_4.png

Shot ibarat kata dalam sebuah kalimat, jadi ia memiliki peran penting dalam membentuk informasi,” tutur Satyani.

Selanjutnya di hari ketiga, Fiber Production menghadirkan tiga pemateri, seorang penata suara Ignasius Yoyola yang memaparkan tentang Tata Suara, kemudian seorang penata artistik Rara Gita Atmoko yang memaparkan tentang Tata Artistik, dan terakhir seorang editor Ali Musthafa Khair yang memaparkan tentang Editing.

Semua materi yang diberikan kepada peserta workshop penciptaan film pendek ini berlangsung di Laboratorium Televisi, kecuali materi editing yang berlangsung di Laboratorium Multimedia.

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f