• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

HIMAIKOM Dorong Minat Literasi Mahasiswa di COMLITE

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 21 Oktober 2019
  • Penulis : RIYANA PUTRI NURKHALISA
  • Hits : 99
comlite_1.JPG

FISIP UPNVJ – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jakarta mengadakan Talkshow Communication Literation pada hari Senin (14/10) di Gd. Yos Sudarso Lt.4. Kegiatan yang mengusung tema “Millennial Ingat Budaya dan Mau membaca” turut mengundang tokoh-tokoh inspiratif dalam bidang literasi, yakni seorang Komikus Raden Fajar dan seorang Novelis Dwitasari. Mereka berdua kompak memberikan materi tentang literasi kepada para mahasiswa yang hadir.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Asep Kamaluddin menyampaikan dalam sambutannya bahwa budaya literasi harus dimulai dari diri sendiri. “Bicara literasi tidak cukup hanya melalui seremonial atau sosialisasi semata, ada yang lebih penting yakni melalui teladan,” tutur Dr. Asep. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Maria Febiana, “kegiatan yang sangat bagus. Semoga dapat menstimulasi mahasiswa untuk kembali membaca buku.”

comlite_2.JPG
comlite_3.JPG

Dalam salah satu paparannya, Fajar menyampaikan bahwa konsistensi sangat penting dalam membaca ataupun membuat sebuah karya. “Tidak harus setiap hari, tapi setiap seminggu sekali pun bisa, yang terpenting terpola dan rutin” kata Fajar.

Selain itu, Dwitasari juga menyampaikan agar mahasiswa yang sedang mencoba untuk berkarya untuk tidak menilai jelek karyanya sendiri. “Mulailah dengan benar, akhiri dengan baik. Cari cirri khas kita, karna itulah yang akan menjadi menarik disbanding dengan karya orang lain.” Kata Dwitasari.

Setelah acara Talkshow berakhir, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian hadiah bagi para pemenang lomba literasi.

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f