• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Yuk Kenalan #5: The Art of Debate

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 23 Oktober 2019
  • Penulis : RIYANA PUTRI NURKHALISA
  • Hits : 48
yuk_kenalan_5_2.jpg

FISIP UPNVJ - Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) FISIP UPN “Veteran” Jakarta menyelanggarakan acara Yuk Kenalan #5 dengan tema “The Art of Debate” pada hari Selasa (22/10) di ruang Auditorium FISIP, Gd. Muh. Yamin.

Ketua pelaksana Angga menyampaikan bahwa tema kali ini dipilih karena HIMAHI ingin fokus pada pengembangan softskill yang dimiliki oleh para mahasiswa, terutama mahasiswa baru. “Debat adalah kemampuan dasar yang mesti dimiliki oleh setiap mahasiswa HI, karena dimanapun tempatnya dan kapanpun waktunya setiap mahasiswa memiliki pandangan yang berbeda sehingga akan muncul perdebatan.” Ujar Angga.

Dengan mengambil tema “debat”, HIMAHI mengundang pemateri yang berpengalaman dibidang ini, yakni Sultan M. Fadhil yang mendapatkan juara 5 besar lomba di UKI dan Priscilla D. Kirana yang mendapatkan juara 1 Debat Pendidikan Agama Islam tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama . “Untuk mengerti bagaimana kemampuan kita masing-masing dalam melakukan debat, maka satu-satunya cara kita mengetahuinya adalah dengan kita mengikuti langsung lomba debat tersebut. Sehingga akan muncul evaluasi dari lomba yang kita ikuti dan kita akan terus tingkatkan untuk lomba berikutnya” ujar Fadhil.

yuk_kenalan_5_3.jpg

Selain itu, Priscilla juga mendorong agar mahasiswa HI mengambil kesempatan yang ada dalam mengikuti lomba debat. Dalam paparannya, Priscilla memberikan tips hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh saat debat berlangsung. “Yang harus dilakukan adalah berhenti menjatuhkan orang lain, terutama anggota timmu sendiri. Lalu untuk mendukung lebih banyak informasi, berkerjasamalah dengan timmu dalam mencari data dan statistik,” jelas Priscilla.

Setelah paparan dari kedua pemateri selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan demo debat yang diwakilkan oleh Pradipta Anugra dan Bimo Arya yang juga merupakan anggota Tim Debat EoS.

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f