• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Direktur Sesparlu Isi Kuliah Umum di FISIP

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 04 November 2019
  • Penulis : RIYANA PUTRI NURKHALISA
  • Hits : 762
kulum_diplomasi_1.JPG

FISIP UPNVJ - Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jakarta mengadakan kuliah umum yang bertemakan “Diplomasi Industry 4.0: International Communication Competence in Digital and Disruptive Era”. Pada kesempatan kali ini, turut hadir Direktur Sekolah Staf dan Pimpinan Kementerian Luar Negeri RI Dr. June Kuncoro yang tampil sebagai narasumber.

Kuliah umum yang diselengkarakan pada hari Senin (4/10) dan bertempat di Ruang Auditorium Bhinnekha Tunggal Ika dimulai dengan sambutan oleh Ketua Program Studi Hubungan Internasional Afrimadona. “Tujuan kuliah umum ini yaitu untuk memberikan perspektif yang berbeda kepada mahasiswa. Dr. June akan memberikan prctical experience beliau terkait mata kuliah hubungan internasional maupun komunikasi internasional,” tutur Afrimadona.

kulum_diplomasi_3.JPG
kulum_diplomasi_2.JPG

Kemudian kuliah umum dilanjutkan dengan perkenalan singkat tentang Dr. June oleh dosen HI Garcia Krisnando sebagai moderator. Baru setelah itu dilanjutkan kembali dengan paparan langsung oleh Dr. June. Dalam paparannya, Dr. June menyampaikan beberapa hal yang akan dihadapi oleh mahasiswa di Era 4.0 khususnya dibidang diplomasi dan komunikasi internasional. “Mulailah belajar untuk bekerja. Miliki kepercayaan diri karena itu sangat penting.” Tutur Dr. June saat mengawali paparannya.

Lebih jauh, menurut beliau ada 3 sikap dasar yang harus dimiliki seorang diplomat dalam menghadapi Era 4.0, yakni manage the now, connect to the world, dan create your own change. Selain itu, Dr. June juga memberikan tips-tips dalam mempersiapkan SDM Diplomat Indonesia di Era 4.0, diantaranya: penguasaan Bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, terus mengembangkan kekhasan sebagai manusia yang berakal, memanfaatkan IT dan AI dengan maksimal, dan terus berlatih menghadapi tantangan.

Selama berlangsungnya kuliah umum pada hari ini, Dr. June aktif mengajak para mahasiswa untuk berdiskusi bersama. Hasilnya pada sesi pertanyaan, mahasiswa cukup antusias memberikan pertanyaan terkait paparan yang disampaikan. Setelah sesi pertanyaan selesai, kuliah umum ditutup dengan pemberian cindera mata oleh dosen Komunikasi Internasional Dewi Anggreyini dan foto bersama dengan seluruh peserta yang hadir.

kulum_diplomasi_5.JPG
kulum_diplomasi_4.JPG
kulum_diplomasi_6.JPG
Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f