• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Sesi Diskusi Bersama: Kebijakan UMKM di Indonesia

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 10 Agustus 2018
  • Penulis : Hendrik Okta Ardhani, S,Kom
  • Hits : 127

FISIP UPN Veteran Jakarta bekerjasama dengan Rumah Kebangsaan, Indonesia Berbicara, Sekolah Politik Indonesia dan Perludem pada Sabtu 4 Agustus 2018 melaksanakan seri diskusi bersama. Diskusi ini mengangkat tema “Evaluasi Paket Kebijakan Ekonomi X Era Jokowi-JK, UMKM Indonesia: Sejahtera Atau Sengsara?”. Acara ini menghadirkan 3 (tiga) pembicara yakni Ir. Agus Muharram, MSP selaku Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, Dr. Dwi Purnomo, STP., MT, Dosen Fakultas Teknologi Industri Pertanian UNPAD dan Suroto, SE  selaku Ketua Asosiasi Kader Sosio-Ekonomi Strategis. Acara ini dimoderatori oleh Erika Widyaningsih, M.IP, Direktur Rumah Kebangsaan.

“Sembilan poin Visi dan Misi pasangan Jokowi-Jusuf Kalla yang digaungkan saat berkampanye pada tahun 2014, menjadi gambaran tentang kerja untuk Indonesia. Sembilan poin dalam Nawa Cita adalah misi yang bisa dibilang cukup komperhensif menyasar berbagai sektor, mulai dari politik luar negeri, demokratisasi, tata kelola pemerintah, hingga kemandirian ekonomi.” ungkap Ir Agus Muharram dalam pengantar diskusi ini. Seperti yang diketahui bersama, Paket Kebijakan Ekonomi X yang diluncurkan pemerintah pada Februari 2016 berisikan dua hal, Pertama, melindungi Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) dan Kedua, memotong pemusatan ekonomi pada kelompok tertentu. Dampak yang diharapkan pemerintah dari kebijakan ini adalah harga-harga menjadi lebih murah dan terjangkau oleh masyarakat, memperluas lapangan pekerjaan serta memperkuat usaha kecil untuk mampu berkompetisi yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diskusi ini bertempat di auditorium FISIP UPN Veteran Jakarta, dimulai pada pukul 14.00 WIB dan berjalan dengan lancar, penuh canda dan semangat dari para pembicara dan peserta diskusi. Berbagai rekomendasi yang dihasilkan dari diskusi in diharapkan dapat menunjang target dari kebijakan X yang dikeluarkan oleh Jokowi-JK. Apalagi paket Kebijakan Ekonomi X ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong daya saing UMKMK Indonesia bukan hanya untuk bersaing di pasar lokal maupun nasional, namun juga dapat merambah pasar internasional. Masalah daya saing adalah masalah yang krusial di tengah era keterbukaan ekonomi seperti Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Kami berharap diskusi semacam ini dapat diikuti dengan kerjasama antar institusi dan lembaga pada kesempatan selanjutnya, sehingga kesimpulan dan rekomendasi diskusi ini dapat ditindaklanjuti dan bermanfaat khususnya bagi civitas akademika di lingkungan UPN Veteran Jakarta” ujar Fikri Tamau, Dosen Ilmu Politik FISIP UPN Veteran Jakarta yang turut hadir.  

Diskusi_bersama.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f