• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

KOLABORASI FIBER PRODUCTION DENGAN SMK PGRI 2 CIANJUR DALAM PRODUKSI FILM

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 04 Oktober 2018
  • Penulis : Hendrik Okta Ardhani, S,Kom
  • Hits : 100

Fiber Production melakukan produksi film pendek di Cianjur, Jawa Barat pada Sabtu (29/9) dan Minggu (30/9). Dalam film yang diproduksi kali ini, Tim Fiber Production menggandeng SMK PGRI 2 Cianjur untuk bersama mengangkat situs pra sejarah peninggalan kebudayaan megalitik, Gunung Padang, untuk lebih dikenal masyarakat luas dan menguatkan budaya Indonesia.

“Fiber Production sebagai sebuah klub sinema yang bernaung dibawah FISIP UPN Veteran Jakarta memiliki visi untuk terus menciptakan karya film terbaik, terutama untuk mengangkat budaya Nusantara, produksi kali ini ditujukan untuk festival yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan (BPMTPK) Kemdikbud.” Ujar Firdaus Noor, Pembina Fiber Production.

Sambutan hangat diterima Fiber Production saat menginjakan kaki di SMK PGRI 2 Cianjur. Pihak sekolah tidak keberatan jika siswa-siswi dan guru dilibatkan dalam proses syuting film pendek dengan judul “Megalitik” ini juga menggunakan bangunan sekolah tersebut sebagai salah satu lokasi syuting di hari pertama.

“Kita sangat tersanjung dapat berkolaborasi dengan Fiber Production. Siswa-siswi dan guru serta kepala sekolah sangat antusias untuk ikut serta alam proses syuting ini,”  Ujar Bapak Franky Hidayat, guru SMK PGRI 2 Cianjur,  dalam sambutannya.

Salah satu siswi, Dhea, mengaku dengan dilibatkan sebagai pemeran utama ia bisa ikut belajar soal berakting dan proses pembuatan film.

“Ini pertama kali syuting. Rasanya teh senang pisan bisa kenal sama tim Fiber Production. Dari sini saya bisa tahu kalau membuat film itu tidak gampang, aktingnya harus pas, tidak berlebihan apa lagi kurang. Waktu menonton film itu sebentar tapi ternyata proses syutingnya panjang,” terang Dhea.

Pada hari kedua, proses syuting dilakukan di Situs Megalitik Gunung Padang. Tentunya perjalanan untuk mencapai lokasi situs megalitik tersebut tidak lepas dari halang rintang. Selain jaraknya yang cukup jauh, sekitar  20km dari SMK PGRI 2 Cianjur, jalan yang dilalui pun berkelok-kelok dan cukup terjal. Hal ini membuat siapapun yang ingin berkunjung harus berhati-hati dalam berkendara. Tidak hanya itu, saat sudah sampai di pintu masuk, jangan harapkan ada jalan setapak yang landai. Semua yang dilalui adalah bebatuan gunung yang sudah menjadi tangga dengan jumlah 700 anak tangga dan kemiringan sekitar 45 derajat.

“Cukup sulit untuk mencapai lokasi (Gunung Padang). Team work sangat dibutuhkan disini,  peralatan yang kita bawa lumayan berat,  ditambah harus menaiki tangga bebatuan yang curam. Capek itu pasti,  tapi saat sampai dipuncak itu benar-benar terbayar dengan keindahan alamnya,” ujar Nisa Auliya,  sutradara film pendek Megalitik.

Situs Megalitik Gunung Padang,  Cianjur,  Jawa Barat,  merupakan salah satu situs peninggalan kebudayaan pra sejarah yang lebih tua dibandingkan piramida Giza,  Mesir.  Tempat ini adalah tempat pemujaan di zaman pra sejarah dengan bentuk punden berundak atau terdiri dari teras-teras. Alasan yang membuat Fiber Production berani mengambil lokasi seperti ini karena belum terlalu banyak yang mengetahui situs ini,  khususnya yang tinggal di luar Jawa Barat. Selain itu pemandangan yang disuguhkan, berupa bebatuan besar yang tersusun secara alami membentuk tumpukan, memiliki daya tarik nya sendiri bagi siapapun yang berkunjung.

“Dengan kita membuat film di tempat ini,  berarti kita sudah berusaha untuk mengenalkan situs kebudayaan bersejarah di Indonesia. Masih banyak tempat di negara ini yang harus dieksplorasi.  Jangan sampai kita tahu tempat di luar negeri, tapi buta dengan negara sendiri. Mudah-mudahan di lain waktu Fiber Production bisa mengeksplorasi tempat yang tidak kalah indah lewat film,” tutup Nisa Auliya.

Penulis : Tia

Foto: Nalda

WhatsApp_Image_2018-10-02_at_19.48_.29_.jpeg

WhatsApp_Image_2018-09-30_at_19.51_.28_.jpeg

WhatsApp_Image_2018-10-02_at_19.51_.36_.jpeg

WhatsApp_Image_2018-09-30_at_19.51_.28_(2)_.jpeg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f