• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Model United Nation (MUN) IDEANATION 2.0 HIMAHI FISIP

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 24 Oktober 2018
  • Penulis : Hendrik Okta Ardhani, S,Kom
  • Hits : 32

Pada hari Selasa hingga Kamis tanggal 23 – 25 Oktober 2018, telah dilaksanakan kegiatan MUN (Model United Nations) oleh HIMAHI FISIP UPNVJ di Ruangan Auditorium Bhinneka Tunggal Ika lt.4 Gedung Rektorat. MUN sendiri merupakan sebuah simulasi sidang yang terjadi di PBB. Pada kegiatan ini, peserta seperti mewakili suatu negara untuk menyampaikan posisi negaranya terkait isu yang dibahas dalam siding tersebut.

Acara ini diawali dengan adanya MUN 101 pada hari Selasa, yakni adanya training session mengenai MUN untuk kegiatan sidangnya sendiri yang akan dilaksanakan pada 2 hari setelahnya. Kemudian, dilanjutkan pada hari Rabu dan Kamis merupakan acara inti yakni dilaksanakannya sidang MUN dengan tema yang sama seperti seminar nasional yang sudah dilaksanakan sebelumnya sebagai bentuk brainstorming , yakni “The Use of Plastic and Human: International Revolution on Our Thinking of Plastic Efficiency”.

Hari pertama dimana adanya MUN 101 langsung dimulai dengan sesi pelatihan yang dipimpin oleh Board of Dais dari salah satu Chair dalam sidang MUN yang merupakan salah satu mahasiwa jurusan HI yang sudah memiliki pengalaman mengikuti MUN di beberapa acara MUN yang cukup bergengsi. Selanjutnya di hari kedua dan ketiga mulailah berjalannya sidang MUN yang dipimpin oleh 3 mahasiswa dari jurusan HI, membahas bagaimana resolusi negara dalam menjalankan efisiensi plastik, dimana setiap negara menjelaskan solusi-solusi terkait efisiensi plastik yang bisa dilakukan.

Selain hanya sidang, terdapat pula salah satu sesi yang terdapat dalam pelaksanaan MUN ini yakni sesi unmoderated caucus dimana negara yang memiliki resolusi yang sejalan, akan membentuk aliansi dan membicarakan terkait isu yang dibahas dengan negara-negara aliansinya tersebut. Kemudian di hari ketiga, semua perwakilan negara membuat final draft resolution sebagai hasil dari sidang yang sudah dilaksanakan. Dan terakhir, acara ditutup dengan adanya penutupan di sebuah rumah makan di daerah Ragunan. Acara penutupan ini diisi dengan makan malam antara panitia pelaksana dengan peserta dan Chair dari MUN. Dan diakhir penutupan, dilakukan sesi penghargaan kepada peserta dengan kategori The Best Paper yang dimenangkan oleh peserta dari Universitas Indonesia, The Best Delegate yang dimenangkan oleh peserta dari Universitas Binus, The Most Outstanding Delegate yang dimenangkan oleh peserta dari Universitas Indonesia, dan Honorable Mentio yang dimenangkan oleh peserta dari Universitas Tarumanegara. (HIMAHI)

1e.jpg

1d.jpg

1c.jpg

1b.jpg

1a.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f