• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

FIBER Production Memperlebar Keterampilan Melalui Workshop Sinematografi

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 31 Januari 2019
  • Penulis : Hendrik Okta Ardhani, S,Kom
  • Hits : 219

FISIP UPNVJ - FIBER Production telah melaksanakan serangkaian kegiatan Workshop Sinematografi FIBER Production pada 28 Januari 2019 pada pukul 11.30-16.30. Kegiatan ini sebagai program kerja tahunan yang diikuti oleh FIBER Academy dan Calon Anggota Baru yang berlangsung di Ruang 402, lantai 4 Gedung Muhammad Yamin, FISIP UPN Veteran Jakarta agar dapat mengoperasikan kamera dengan tepat.

Di hari pertama workshop diisi oleh Adhitya Ar Rochman, mahasiswa Institut Kesenian Jakarta, Fakultas Film dan Televisi, yang siap berbagi pengalaman dan juga pengetahuannya mengenai anatomi kamera dan reknik komposisi. Dengan peraga berupa kamera SONY A7S, Adhit mulai menjelaskan dari cara melepas dan mengganti lensa yang tepat, hingga cara pengoperasian kamera agar dapat menghasilkan video yang sesuai dengan kebutuhan sinematografi. Adhit memaparkan jika seorang sinematografer, terlebih seorang Direct of Photography harus mengerti bagaimana teknik pengambilan gambar agar hasilnya nanti sesuai dengan jalan cerita yang sudah ada.  

“Pernah waktu itu syuting dilakukan malam hari dan kita harus membuat itu seperti siang hari. Karena tidak ada cahaya matahari, mau tidak mau harus pakai pencahayaan buatan. Tapi karena lighting yang kita bawa kurang dan itu di luar kota,  jadi hasilnya tidak maksimal. Habis lah saya dimarahi,” Kata Adhit di sela workshop.

 Setelah penjelasn panjang, Adhit mempersilahkan beberapa peserta workshop untuk praktik mengambil potongan video dari suatu script yang telah dipersiapkan. Hasil dari praktik tersebut akan dievaluasi oleh dirinya dan Pak Firdaus Noor selaku Pembina FIBER Production.

“Semuanya butuh proses, perlu pembelajaran dan praktik yang berkesinambungan. Untuk memahaminya, sinematografer perlu memahami teknologi kamera yang baik, agar ruang visual yang kalian ciptakan nantinya bisa bercerita” Ujar Pak Firdaus.

Seperti yang diketahui bahwa FIBER Production akan mengikuti Indonesia Short Film Festival yang diselenggarakan stasiun televisi swasta, SCTV yang dibuka sejak 21 Desember 2018 hingga 28 Februari 2019. Maka dari itu, Workshop Teknis Kamera ini dibuat sebagai pelatihan agar saat produksi nanti hasilnya dapat sesuai dengan yang diharapkan.

WhatsApp_Image_2019-01-31_at_14.13_.29_.jpeg

WhatsApp_Image_2019-01-31_at_14.13_.30_.jpeg

WhatsApp_Image_2019-01-31_at_14.14_.34_.jpeg

(Penulis dan Foto : FIBER)

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f