• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

FIBER Production Adakan Workshop Editing Film Bersama Editor Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 01 Pebruari 2019
  • Penulis : Hendrik Okta Ardhani, S,Kom
  • Hits : 87

Pada tanggal 30 Januari 2019, FIBER Production telah mengadakan workshop tentang editing film. Workshop ini diadakan di Ruang 402, lantai 4 Gedung Muhammad Yamin, FISIP UPN Veteran Jakarta. Workshop ini dihadiri oleh FIBER Academy dan calon anggota baru dengan mengundang seorang editor film dari  Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta, Fadillah Agni.

Editor yang tergabung dalam Anmax Studio ini mengawali workshop dengan menjelaskan cara yang paling mendasar untuk menggunakan software editing, Adobe Premiere. Ia menjelaskan mulai dari langkah awal dalam mengedit hingga memindahkan project editing menjadi film. Ia juga menjelaskan perbedaan antara Offline Editing yang hanya menyambungkan potongan potongan video dengan Online Editing yang melanjutkan pekerjaan offline editor untuk memberikan sentuhan lebih pada film yang sedang digarap.

Untuk memberi sentuhan lebih pada film bukan lah hal mudah. Kita harus meyesuaikan warna dan mood dari film tersebut atau yang disebut color grading. Agni menjelaskan tentang color grading dalam film yang pernah ia kerjakan, “Pagi Tanpa Mentari” dan menunjukan bagaimana cara .

Workshop diakhiri dengan sesi Tanya jawab segala hal tentang editing dan melakukan praktek singkat untuk para editor FIBER Production menyusun 5 video yang kemudian diberi transisi dan color grading. Praktek ini dibimbing langsung oleh Fadillah Agni. Ia menutup workshop ini dengan mengatakan, “Seorang Editor harus sering belajar dan rajin mencari referensi di Internet terutama youtube tentang hal yang ingin dipelajari, kunci utamanya adalah niat”

Ketua FIBER Production, Nisa Auliya, mengatakan dengan adanya workshop editing ini, diaharapkan skill dalam sinematografi terutama dalam mengedit video dapat meningkat dan bisa menghasilkan karya yang lebih baik untuk kedepannya.

“Workshop maupun loka karya menjadi salah satu program kerja program kerja prioritas FIBER Production yang focus di ruang sinema. Kita akan sama-sama mengasah dan terus mengembangkan pengetahuan maupun keterampilan tim melalui program kerja ini,” jelas Nisa. 

WhatsApp_Image_2019-01-31_at_14.13_.29_(1)_.jpeg

WhatsApp_Image_2019-01-31_at_14.13_.30_(1)_.jpeg

WhatsApp_Image_2019-01-31_at_14.13_.30_.jpeg

WhatsApp_Image_2019-01-31_at_14.14_.36_.jpeg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f