• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

FIVE TV

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 25 Juni 2019

profil_five_tv.png

FIVE TV FISIP UPN VETERAN JAKARTA

  • SEJARAH FIVE TV

FIVE TV adalah salah satu dari 6 KSM yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di UPN “Veteran” Jakarta, dimana bergerak di bidang Televisi Audio Visual. Nama FIVE TV sendiri memiliki arti Fisip Veteran Televisi, dimana terbentuk pada tahun 2005. Menyadari akan pentingnya keberadaan FIVE TV di lingkungan FISIP UPN Veteran Jakarta, maka atas inisiatif dari salah satu Dosen FISIP UPN Veteran Jakarta yakni Ibu Dr.Retno D. Kusumastuti, M.Si serta bimbingan Ibnu Soeprijo, S.Kom., M.Si, Hendrik Okta Ardhani, S.Kom dan Ari Fahrizal, S.Kom.MM maka terbentuklah FIVE TV.

Pembentukan FIVE TV FISIP UPN Veteran Jakarta bertujuan untuk mengembangkan potensi, kreatifitas, serta kemampuan mahasiswa/I FISIP UPN Veteran Jakarta agar dapat diaplikasikan dalam kinerja aktif dan kreatif berorganisasi.

Visi ; Menjadikan sarana communication skill yang membantu mahasiswa dalam dunia broadcasting untuk menyiarkan tayangan yang mendidik serta kreatif dimana tidak hanya menjadi tontonan tapi juga bisa menjadi tuntunan untuk semua.

Misi : FIVE TV memberikan wadah bagi mahasiswa FISIP UPN Veteran Jakarta dalam mengembangkan ide, gagasan dan kebersamaan demi menciptakan suatu karya yang bisa bermanfaat kepada orang banyak serta menambah wawasan dan pengalaman untuk menghadapi era informasi di masa mendatang.

  • DIVISI – DIVISI DALAM FIVE TV
  • Reporter

Divisi reporter bertugas untk melakukan peliputan berita di lapangan dan di laporkan kepada masyarakat luas. Dalam mencari data tersebut harus berdasarkan unsur 5W+1H dan akan dikemas data tersebut menjadi sebuah berita yang layak untuk dikonsumsi public sesuai kode etik yang ditetapkan.

  • News Anchor

News Anchor merupakan jurnalis televisi yang membawakan materi berita, dan sering terlibat memberikan improvisasi komentar dalam siaran langsung maupun tidak langsung. Selain itu juga menciptakan improvisisasi dan kreatifitas baru dalam pembawaannya sebagai News Anchor.

  • Camera Person

Camera Person yaitu seorang yang bertugas untuk meliput gambar, baik meliput News Anchor saat live di studio untuk menyampaikan berita, reporter dan situasi lapangan ketika sedang liputan di TKP. Cameraman harus menjaga dan memelihara peralatan kamera dalam kondisi baik dan siap digunakan. Seorang campers juga harus memastikan bahwa ia mengambil gambar dengan focus.

  • Switcher

Switcher memiliki tugas untuk memilih gambar dari beberapa sumber video untuk selanjutnya diolah, dipadukan hingga menjadi hasil yang utuh. Selain itu tugas switcher ikut dalam kegiatan live streaming di berbagai event kampus dan menayangkan hasil program yang dibuat FIVE TV di TV FISIP. Switcher harus bisa menentukan gambar atau video yang tepat untuk ditampilkan sehingga para penonton merasa puas.

  • Editor

Editor memiliki tugas untuk mengedit gambar maupun video sehingga menghasilkan output yang menarik dan layak untuk ditayangkan. Selain itu editor juga bertugas untuk mengedit program produksi rutin diantaranya MAKMUR, MALANG, FIVETAINMENT, FIVE NEWS dan DIY.

  • PROGRAM DALAM FIVE TV
  • FIVE NEWS

Five News merupakan sebuah program yang menyajikan berita-berita serta informasi mengenai ekonomi, politik, sosbud, berita internasional serta olahraga. Berita yag disajikan bisa berasal dari dalam kamous ataupun luar kampus yang sedang hangat diperbincangkan.

  • FIVETAINMENT

Fivetainment adalah salah satu program entertain atau program hiburan dari FIVE TV. Program ini merupakan gabungan antara program FIVE TV sebelumnya yakni Music On Campus dan Five Movie. Memiliki konten yang ringan dan mudah dimengerti oleh penonton dengan berisikan music, film serta info terkini soal dunia music dan film yang sedang trend.

  • MALANG

Malang adalah salah satu program entertain atau program hiburan dari FIVE TV. Malang memiliki konten yang ringan dan mudah dimengerti oleh penonton dengan menyajikan informasi mengenai tempat-tempat yang bisa dijadikan Tujuan liburan dengan budget yang minim yang tentunya cocok untuk mahasiswa.

  • MAKMUR

Makmur merupakan salah satu program FIVE TV yang menyajikan informasi tentang beragam makanan yang mrah yang sesuai dengan kantong mahasiswa pada umumnya. Dalam memilih makanan, tidak hanya ditentukan dengan harga nya yang murah namun juga kualitas rasa yang enak dan tidak kalah dengan makanan mahal.

  • DIY (Do It Yourself)

DIY adalah salah satu program FIVE TV yang menyajikan tentang kerajnan tangan dan bagaimana melakukan hal-hal yang dapat dibuat oleh diri sendiri. Selain itu DIY juga memberikan tips-tips seperti membuat makanan, fashion dan juga kecantikan.  Program ini juga ajang berkreasi dan berskpresi dengan membuat barang baru menggunakan bahan-bahan yang terjangkau.

Akun Resmi:

Email : fivetv.upnvjakarta@gmail.com
Instagram : @fivetvupnvj
Twitter : @fivetvupnvj
Facebook: FIVETV UPN Veteran Jakarta
Line@ : @vta1671d
Youtube : FIVETV UPN Veteran Jakarta

Agenda
Pengumuman
Berita

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f