• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPNVJ terpilih Sebagai Duta Gemari Baca 2019

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 27 Maret 2019
  • Penulis : Hendrik Okta Ardhani, S,Kom
  • Hits : 490

FISIP UPNVJ - Ardhi Ridwansyah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta, angkatan 2016 terpilih sebagai salah satu Duta Gemari Baca 2019. Ardhi menjadi Duta Gemari Baca bersama 26 mahasiswa lainnya yang berasal dari seluruh Indonesia. Duta Gemari Baca merupakan program pembinaan dan pengembangan kapasitas bagi generasi muda yang memiliki passion dan talenta dalam mengembangkan literasi di masyarakat.

“Untuk bisa lolos program tersebut saya harus mengikuti berbagai persyaratan dan seleksi, di antaranya saya harus membuat satu tulisan mengenai alasan saya tertarik dengan dunia literasi,” jelas Ardhi Ridwansyah saat memberi keterangan di Ruangan Prodi Ilmu Komunikasi, Selasa 26 Maret 2019.

Lebih jauh Ardhi juga menjelaskan bahwa dia sebagai aktivis Rumah Baca di kampus, membuat Ardhi tertarik untuk mengikuti aktivitas literasi di luar kampus. Alasan-alasan dan pengalaman Ardhi sebagai aktivis literasi membuat ia bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik ketika mengikuti seleksi wawancara.

Ketika ditanya terkait alasannya tertarik dengan dunia literasi Ardhi menyampaikan bahwa dengan kegiatan membaca mampu meningkatkan daya kritis dan analisis dalam masyarakat Indonesia yang daya literasinya masih rendah.

“Saya juga ingin belajar untuk lebih giat dan gencar lagi dalam kegiatan literasi agar bermanfaat bagi manusia lainnya,” pungkas mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jakarta, Angkatan 2016 tersebut.

Sementara itu, Azwar, M.Si., Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jakarta, mendukung penuh kegiatan mahasiswa yang terpilih sebagai Duta Baca tingkat Nasional tersebut.

“Secara pribadi dan mewakili institusi saya mengucapkan selamat kepada Ardhi Ridwansyah yang sudah terpilih sebagai Duta Gemari Baca 2019, semoga aktivitasnya bermanfaat untuk masyarakat banyak. Selain itu semoga Ardhi bisa mengharumkan nama UPN Veteran Jakarta,” jelas Azwar, M.Si.

Dalam kesempatan yang sama Kaprodi Ilmu Komunikasi juga menyampaikan bahwa kampus mendorong mahasiswa agar berprestasi di tingkat nasional maupun tingkat internasional.

“Terpilihnya Ardhi sebagai Duta Gemari Baca 2019 menunjukkan bahwa mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi tidak hanya aktiv di dalam kampus saja, akan tetapi mereka juga bisa berkiprah di luar kampus,” jelas Kaprodi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN Veteran Jakarta.

Aktivitas literasi menurut Azwar, M.Si tidak hanya terbatas pada kegiatan membaca dan menulis saja, akan tetapi juga terkait dengan kemampuan lainnya. Oleh sebab itu wajar kalau kegiatan literasi juga berkaitan dengan banyak hal seperti Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Finansial, Literasi Digital, dan Literasi Budaya dan Kewargaan.

“Dengan adanya mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang fokus pada Gerakan Literasi Baca dan Tulis, setidaknya hal ini merupakan partisipasi nyata mahasiswa UPN Veteran Jakarta di kancah nasional,” jelas Azwar, M.Si.

Lebih jauh Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jakarta tersebut juga menyampaikan bahwa sebagai mahasiswa sejatinya memang tidak hanya sibuk dengan persoalan kuliah saja. Akan tetapi mahasiswa juga harus bisa terlibat dalam mencari solusi atas persoalan-persoalan bangsa dan negara. (Ahmad Waldyazkia)

Ardhi_Ridwansyah_Duta_Gemari.jpeg

Pengumuman-Duta-Gemari-Baca.png

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f