• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Profil Dekan FISIP Dr. Anter Venus, MA.Comm

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 22 Juni 2017
  • Penulis : Ana Kuswanti
  • Hits : 2571

dekan_okrev.jpg

venus.pngAntar Venus adalah Dekan FISIP Universtas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Ia juga dosen ilmu komunikasi UPNVJ dan  dosen Pascarsarjana Fikom  dan Program Magister Manajemen FEB Universitas Padjadjaran Bandung. Disamping itu Venus Juga menjadi Dosen Nonreguler di Sekolah Staf dan Komando TNI AD Bandung dan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI dan Sespim Polri.  Ilmuwan Komunikasi ini  menyelesaikan pendidikan S1 di jurusan Manajemen Komunikasi Fikom Unpad (1992) dan menempuh pendidikan S2 bidang Komunikasi Pembangunan Pertanian di Institut Pertanian Bogor (1996) serta Memperoleh gelar M.A. in International Communication dari Macquarie University Sydney  (1999). Tahun 2008 Ia menyelesaikan pendidikan Doktor Ilmu Komunikasi di almamaternya Universitas Padjadjaran.

Minatnya yang dalam pada kajian komunikasi ketimuran khususnya Jepang mengantarkannya menjadi penerima  Grants dari The Japan Foundation untuk tahun 2001-2002 dan melakukan penelitian di MINPAKU-Kokuritsu Minzokugaku Hakubutsukan Osaka Jepang. Sejak itu Ia tercatat sebagai peneliti bidang komunikasi & budaya Jepang dan sempat melakukan beberapa riset di Indonesia  atas fasilitasi The Japan Foundation. Tahun 2013, Venus menjadi penerima Grant program postdoctoral research SCHEME di LEAD-Universiteit Leiden dari Kemendikbud R.I. dengan kategori Highly Recommended.

Disamping menempuh pendidikan formal, sebagai pengajar yang terobsesi membumikan Ilmu komunikasi dengan motto “Learning communication Science  in practical way”, Venus (begitu Ia biasa disapa) juga mengikuti beragam pelatihan bersertifikasi internasional seperti Certified HypnoCommunication Therapist & Counselor tahun 2009  (IACT-USA), Certified Behavior Analysis  2007 (DISC-Singapore), Communication Campaign Management (Australia, 1998),  Auditor Komunikasi Organisasi, hingga menjadi International Certified Instructor untuk Integrated Microfinance Management  di bawah konsorsium ICIMM Indonesia-Belanda-Yunani (2010).

Venus adalah ahli komunikasi yang aktif berkecimpung di berbagai organisasi profesi seperti ASPIKOM (Sekjen dan anggota Dewan Pakar) dan Pengurus Pusat ISKI 2009-2012 (Wakil Sekjen dan Anggota Dewan Pakar), Ketua Asosiasi Komunikasi Terapeutik Indonesia (AKTI) 2010-2013, anggota dewan pembina  PAKTA Jakarta, anggota dewan pakar Gemarasa,  dan Persatuan Auditor Komunikasi Indonesia. Ia juga mengembangkan lembaga konsultan komunikasi-manajemen ‘Transformasia Sinergi’ serta memimpin Yayasan Komunikasi Terapeutik Indonesia dan Yayasan Swara Sinergi.

Di lingkungan kampus Venus pernah menjadi Ketua Labaratorium Multimedia, Ketua Divisi SDM Pusat penelitian Sumberdaya manusia dan Lingkungan, Ketua Departemen manajemen komunikasi Fikom Unpad, Sekretaris Komisi 1 Senat Akademik Universitas Padjadjaran, Ketua Senat Akademik Fikom Unpad, dan Ketua Forum Komunikasi Senat Fakultas Se-Universitas Padjadjaran. Sejak 2017 Venus menjadik Dekan FISIP UPN Veteran Jakarta.

Venus adalah Ilmuwan Komunikasi yang tumbuh  dalam lintas tradisi Retorik, Sibernetik dan Sosiopsikologi yang memandang ilmu komunikasi sebagai kecakapan dan instrumen strategis untuk membuat sistem dan praktek komunikasi menjadi  lebih baik. Oleh karena akar keilmuwannya yang demikian maka Ia memeliki kemampuan aplikatif dalam mengopersionalkan ilmu komunikasi untuk keperluan profesioal, organisasional maupun sosial.  Berkat kemampuan aplikatifnya tersebut, Ia berkesempatan menangani beragam pekerjaan  komunikasi dari instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta,  LSM, Partai Politik hingga isnstitusi Militer dan Kepolisian. Bidang  pekerjaan yang dilakukannya meliputi  penelitian & pengelolaan program kampanye-sosialisasi, Audit Komunikasi, pelatihan dan konsultasi program komunikasi korporat, sosial, budaya dan kesehatan.

Bidang keahlian komunikasi yang ditekuni Venus adalah Teori-Teori Komunikasi, Filsafat Komunikasi, Manajemen Kampanye, Komunikasi Politik, Audit Komunikasi, Budaya & Komunikasi Organisasi, dan  Komunikasi Terapeutik. Dalam tujuh bidang komunikasi tersebut Ia banyak menuliskan gagasan-gagasanya baik dalam bentuk buku, artikel jurnal maupun artikel popular yang diterbitkan di berbagai media massa seperti Pikiran Rakyat, Kompas, Media Indonesia dan Republika.

Untuk berkomunikasi dengan Venus dapat melalui Email: [email protected]

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f