• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Sejarah

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 30 Juli 2015

Sejarah Berdiri Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta yang proses pendiriannya sudah mulai dirintis keberadaannya sesuai dengan sejak tanggal 11 Nopember 1994 melalui Surat Keputusan Menteri Pertahanan dan Keamanan R.I.No:Kep 10/XI/1994.

Tiga tahun kemudian diperoleh keputusan Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan dan Kebudayaan R.I. nomor: 449/Dikti/Kep/1997 tanggal 8 Desember 1997 tentang Pemberian Status Terdaftar kepada Program Studi Ilmu Administrasi Niaga dan Ilmu Komunikasi di Lingkungan UPN “Veteran” Jakarta.

Dalam proses pengembangannya setelah 2 program studi tersebut berjalan dua tahun kemudian dibuka program studi Ilmu Hubungan Internasional yang keberadaannya berdasarkan surat keputusan Dirjen Dikti Nomor:437/DIKTI/Kep/1999 Tanggal 29 Oktober 1999, tentang pemberian status terdaftar kepada Program Studi Ilmu Hubungan Internasional untuk jenjang pendidikan program S.1 di Lingkungan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta.

Program Studi Ilmu Komunikasi membuka 3 (tiga) konsentrasi yaitu: Konsentrasi Public Relations/Humas, Konsentrasi Jurnalistik dan Konsentrasi Periklanan .

Sedangkan Program Studi Hubungan Internasional membuka 2 (dua) konsentrasi yaitu : Konsentrasi Ekonomi Politik Internasional, dan Konsentrasi Pengkajian Strategis - Keamanan Internasional

Perjalanan Program Studi Ilmu Komunikasi terus ditandai dengan pengukuhan Keputusan badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi melalui Keputusan Nomor: 012/BAN-PT/Ak-IV/VI/2000 tanggal 23 Juni 2000 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Sarjana di Perguruan Tinggi dengan nilai B; dan lima tahun berikutnya Program Studi Ilmu Komunikasi memastikan pencapaian akreditasi melalui Keputusan badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 0739/Ak-IX-S1-012/UPGILM/VII/2005 tanggal 21 Juli 2005 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Sarjana di Perguruan Tinggi dengan nilai A dan pada akhir 2010 Program Ilmu Komunikasi ditempatkan pada nilai B .

FISIP UPN “Veteran” Jakarta tidak sekedar suatu institusi pendidikan tinggi tetapi memiliki jati diri sebagai monumen aktif nilai kejuangan veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia yang memiliki motivasi kuat dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana terkandung di dalam Undang-Undang Dasar 1945. Civitas akademika diharapkan mampu mengamalkan nilai-nilai, jiwa dan semangat kejuangan 1945 yang digelorakan dengan credo “Widya Mwat Yasa” dan menjunjung tinggi kebebasan akademik yang dilaksanakan secara bertanggung jawab dengan tetap menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan Negara serta kewibawaan dan nama baik ilmuwan.

Proses kristalisasi dari nilai-nilai kejuangan di atas dipadu dengan: keinginan untuk menghasilkan lulusan yang profesional, kreatif, inovatif, dan mampu bersaing dalam mendapatkan dan menciptakan pekerjaan oleh para pendiri, ilmuwan, dan pemangku kepentingan lainnya; visi, misi, tujuan lembaga, maka dapat dirumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi. 

Agenda
Pengumuman
Berita

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f