• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Blackbox 2018 Tunjukkan Apresiasi Bagi Dosen Berprestasi

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 06 Desember 2018
  • Penulis : Hendrik Okta Ardhani, S,Kom
  • Hits : 180

Melalui Blackbox 2018, BEM FISIP UPNVJ memberikan penghargaan bagi dosen-dosen berprestasi. Tiga orang kandidat berasal dari setiap program studi di FISIP UPNVJ. Di antaranya adalah Azwar, SS, M.Si dari Ilmu Komunikasi, Shanti Darmastuti, S.IP, M.Si dari Hubungan Internasional, dan Fatkhuri, S.IP, MA, MPP dari Ilmu Politik. Hasilnya, Azwar, SS, M.Si dinobatkan menjadi dosen berprestasi terfavorit.

Tetapi, apa manfaatnya dinobatkan sebagai dosen berprestasi? Raden Haikal, Ketua BEM FISIP UPNVJ, menilai bahwa penobatan ini memiliki dampak positif bagi portofolio dosen. Surat Keputusan yang dikeluarkan Dekanat FISIP bagi para dosen berprestasi akan menjadi nilai lebih bagi karir mereka sebagai tenaga pendidik.

"Impact-nya pun buat si dosen ini sungguh besar. Karena buat track record dosen juga," terang Haikal saat ditemui di sekretariat BEM FISIP UPNVJ pada Selasa (4/12) siang.

Haikal menceritakan bagaimana proses penetapan  dosen berprestasi ini dilakukan. Mula-mula, kandidat dipilih dulu oleh Dekanat. Kemudian nama-nama terpilih dikirim ke BEM FISIP untuk dilakukan voting dengan menjaring suara dari mahasiswa FISIP. Tapi kenapa harus Dekanat yang menentukan kandidatnya?

"Dari Dekanat ada penilaian dari penelitiannya. Dinilai dari jurnalnya, sudah sejauh apa. Ada penilaian-penilaian seperti itu. Kita gak tahu penelitian dosen itu sudah sejauh apa. Karena itu laporannya ke pihak Dekanat, bukan BEM. Dan dosen yang sudah memiliki jurnal dan jurnalnya itu sudah resmi. Makanya untuk penyeleksian dosen berprestasi kita serahkan ke Dekanat," jawab Haikal.

Haikal mengaku, ide untuk memberikan apresiasi berupa penghargaan seperti ini adalah demi menciptakan iklim akademik yang kompetitif namun juga positif di lingkungan FISIP. Semua tenaga pendidik akan berlomba-lomba.

"Intinya simpel: menciptakan panggung, memberikan wadah. Nah, dari wadah tersebut, kalau wadahnya positif akan terus berkembang. Baik untuk masyarakat, untuk penyelenggara, maupun untuk orang terkait yang diberikan wadah," jelas mahasiswa Hubungan Internasional tahun 2015 itu. (MB)

WhatsApp_Image_2018-11-28_at_11.26_.02_.jpeg

WhatsApp_Image_2018-11-28_at_17.10_.53_.jpeg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f