• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Tantangan & Peluang Praktisi Komunikasi di Era Industri 4.0

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 07 Mei 2019
  • Penulis : RIYANA PUTRI NURKHALISA
  • Hits : 1115

hani_hasjim_2.JPG

FISIP UPNVJ - Selama ini Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi melihat lulusan komunikasi, termasuk konsentrasi PR mengalami kondisi yang bingung ketika menghadapi dunia kerja. Apalagi ditambah dengan perkembangan dunia yang semakin mengglobal. Tentu hal tersebut menjadi tantangan yang besar bagi dunia pendidikan agar dapat mempersiapkan lulusan mahasiswa/I yang inovatif dan kompetitif.

Melihat situasi ini, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jakarta mengadakan kuliah umum pada Senin, 29 April 2019 dengan tema, “Dinamika Bidang Komunikasi Strategis di Era Digital” Kuliah umum ini disampaikan oleh Hani Hasjim selaku PR Consultan Red White.

hani_hasjim.JPG

Dalam kuliah umum ini, Hani menyampaikan ada beberapa tantangan yang akan dihadapi oleh profesi bidang Komunikasi, salah satunya adalah perkembangan teknologi yang mulai mempengaruhi paradigma berpikir dan bertindak seseorang. Maka dari itu kebutuhan basic profesi komunikasi sangat diperlukan, yakni Knowlege (mengetahui banyak hal, mengetahui global trend), Skill (manajemen menulis, public speaking, fotografi, social media, presentasi, simple design), Attitude (memiliki integritas, kreatif, empati, disiplin, bekerja cepat, kemampuan adaptasi).

Karenanya dalam dunia profesi bidang komunikasi sudah mulai mengalami perkembangan, seperti social media specialist (buzzer, influencer, vlogger, blooger dengan berbagai spesialitasi food, beauty, tourism, automotif, youtuber, selebgram), digital journalist, SOE specialist, Product Reviewer,dan Digital Marketer/ E-commerce.

hani_hasjim_3.JPG

Terakhir, Hani berpesan bahwa antara teori dengan praktik sangatlah penting bagi mahasiswa. “Dua duanya sangat penting. Ada proses sender mengirim pesan kepada receiver. Berkembang lagi kita harus menyampaikan pesan seperti apa. Menulis release dan berhuungan dengan media ada teorinya. Teori adalah penting sebagai kerangka berpikir. Oleh karena itu praktik, magang, beorganisasi dan ikut komunitas adalah hal yang penting”, ungkap Hani.

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f