• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Banjir Melanda Jakarta, UPNVJ Tawarkan Bantuan Logistik

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 03 Januari 2020
  • Penulis : RIYANA PUTRI NURKHALISA
  • Hits : 95
banjir_jakarta_3.jpg
Sumber Foto: @upnveteranjakarta

FISIP UPNVJ - Sejak malam tahun baru (1/1), kota Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan lebat yang mengakibatkan banjir di beberapa titik. Diantaranya ada sejumlah 22 titik banjir di Jakarta Selatan dan 39 titik banjir di Kota Bekasi. BMKG menyatakan bahwa cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia dipicu oleh adanya fenomena atmosfer skala regional hingga lokal, yaitu aktifnya aktifnya Monsun Asia yang menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia, terbentuknya pola konvergensi dan terjadinya perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah, suhu permukaan laut di sekitar wilayah perairan yang cukup hangat sehingga menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan, serta diperkuat dengan adanya fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) yang signifikan di sekitar wilayah Indonesia.

banjir_jakarta_1.jpg
Sumber Foto: @berbalif9 @fop_upnvj


Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memperkirakan akan terjadi cuaca ekstrem dalam sepekan kedepan. Diantaraya daerah yang diwaspadai adalah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi, Kalimantan, dam Papua. Masyarakat dihimbau agar selalu waspada dengan potensi banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. Ada baiknya bagi wilayah yang tidak terdampak mulai melakukan pencegahan didaerah masing-masing, seperti membersihkan selokan dari sampah, memotong sebagian dahan pohon yang terlalu rapuh, menevakuasi surat-surat berharga ditempat yang aman, dan memantau secara kontinu terkait kondisi cuaca yang akan terjadi sepanjang hari, hal ini berguna untuk menghindari jam-jam genting dan daerah rawan banjir ketika beraktivitas diluar.

banjir_jakarta_2.jpg
Sumber Foto: @berbalif9 @fop_upnvj


Bagi masyarakat yang hendak menyalurkan bantuan untuk korban banjir, kampus UPN “Veteran” Jakarta membuka kotak donasi berupa pakaian, obat-obatan, dan materi yang akan disalurkan langsung kepada mereka. Donasi dapat dikirimkan melalui rekening BNI 0789681785 (a.n Arief Wahyudi Jadmiko) dan donasi dapat dikonfirmasikan melalui contact person a.n Indah Surya Putri di nomor 08972325938.

 

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f