• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Dekan FISIP Mulai Melakukan Persiapan Jelang Pelaksanaan Perkuliahan

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 29 Januari 2020
  • Penulis : RIYANA PUTRI NURKHALISA
  • Hits : 93
rapat_dosen_januari_1.JPG

FISIP UPNVJ – Perkuliahan TA. 2019/2020 Semester Genap akan segera dimulai tanggal 10 Februari 2020 mendatang. Menanggapi hal tersebut, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN Veteran Jakarta Dr. R. Dudy Heryadi, M.Si. mengadakan Rapat Dosen pada hari Senin (28/1) di ruang Auditorium FISIP, Gedung Muh. Yamin.

Dalam rapat tersebut Dekan FISIP memaparkan beberapa hal penting yang harus dipersiapkan guna perkuliahan selama satu semester kedepan dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa.

rapat_dosen_januari_2.JPG

Mekanisme / Proses Pembelajaran Semester Genap TA. 2019/2020

“Kita akan tetap menggunakan Team Teaching,” kata Dekan FISIP UPNVJ. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Rektor UPNVJ Dr. Erna Hernawati, Ak.,CPMA,CA, kehadiran dosen FISIP di kelas hanya 94%, angka ini belum sesuai dengan target universitas yang mengharapkan 100%, yang artinya kelas tidak boleh kosong selama masa perkuliahan berlangsung.

“Rata-rata kekosongan kelas terjadi karena kurangnya kordinasi oleh dosen tidak tetap. Maka dari itu nanti siang akan diadakan rapat dosen per prodi, sehingga dosen tetap, dosen tidak tetap, dan dosen pencangkokan dapat mendiskusikan capaian-capaian dalam pembelajaran,” kata Dekan FISIP.

Tugas Dosen Pencangkokan

Sejak semester kemarin, FISIP UPNVJ mulai menerapkan dosen pencangkokan, begitu pula dengan semester ini. Dekan FISIP UPNVJ berharap, dosen pencangkokan dapat membagikan ilmunya, baik dari substansinya, metodologinya, maupun pengalamannya. Nantinya, dosen pencangkokan akan menjadi Dosen Pembina untuk masing-masing mata kuliah, serta memberikan arahan tentang materi dan proses pembelajaran.

rapat_dosen_januari_5.JPG

Rencana Kegiatan Akademik bulan Februari dan Maret

Dalam 2 bulan kedepan FISIP akan mulai disibukan dengan berbagai kegiatan dari ketiga prodi. Seminar Nasional Mahasiswa dan Seri Kuliah Umum akan dilaksanakan pada bulan Februari, sedangkan Lokakarya dan Bedah Buku bersama ISEAS akan dilaksanakan pada bulan Maret.

Kewajiban menertibkan artikel atau ikut seminar bagi mahasiswa

Dekan FISIP UPNVJ mengharapkan agar Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) lulusan mahasiswa FISIP selanjutnya tidak banyak yang kosong, karena SKPI akan sangat membantu untuk penyerapan lulusan di dunia kerja. Untuk itu, kedepannya Dekan akan mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti Seminar Mahasiswa, Kegiatan Ormawa, Magang, melakukan riset/ project, atau menulis artikel di jurnal.

Rencana Revisi Kurikulum 2020 sesuai Kampus Merdeka

Pada tanggal 24 januari 2020 telah dilaksanakan pertemuan oleh Kemendikbud dan dihadiri oleh perwakilan pemangku kepentingan pendidikan tinggi. Pertemuan tersebut diadakan khusus untuk launching Kebijakan Merdeka Belajar. Pada prinsipnya, kebijakan tersebut diambil untuk merubah paradigma pendidikan agar menjadi lebih otonom dengan kultur pembelajaran yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing perguruan tinggi. Kebijakan ini juga memberikan kesempatan bagi perguruan tinggi untuk membuka program studi baru, system akreditasi perguruan tinggi yang lebih fleksibel, dan pemberian hak belajar tiga semester diluar prodi. Menanggapi kebijakan tersebut, Dekan FISIP masih menunggu keputusan dari Rektor untuk merevisi kurikulum pembelajaran yang akan dipakai.

rapat_dosen_januari_4.JPG

Penelitian Dosen dan Pembimbing Skripsi oleh Mahasiswa

Berdasarkan kebijakan baru universitas, penelitian dosen harus sesuai dengan Roadmap penelitian dosen serta arah kepakaran dosen. Hal ini akan berpengaruh pada topik penelitian/skripsi yang akan diambil oleh mahasiswa bimbingannya. Bahkan, pada kesempatan tersebut Dekan FISIP menyampaikan bahwa dosen harus membuat daftar tema skripsi/penelitian sebanyak 10 s/d 20 tema penelitian.

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f