Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FISIP UPNVJ – Pada hari Rabu (24/5) telah dilaksanakan rapat Finalisasi Kurikulum Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) di ruang rapat Dekanat FISIP UPNVJ lantai 1. Di dalam rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Dr. Fitria Ayuningtyas, M.Si., C,NSP, CIQar. Di dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh Rektor UPNVJ, Dr. Anter Venus, MA.Comm, serta Dekan FISIP UPNVJ Dr. S. Bekti Istiyanto, M.Si., serta jajaran dosen Program Studi S1 Ilmu Komunikasi.

Rapat finalisasi revisi kurikulum ini berlangsung satu hari penuh dari jam 08.00 s.d. 17.00 WIB, diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Program Studi S1 Ilmu Komunikasi dan Dekan FISIP UPNVJ. Pengajuan revisi kurikulum ini bertujuan agar nantinya terdapat fast track S1 dan S2, selain itu juga bertujuan untuk mengadakan kembali peminatan pada proses pembelajaran, agar tidak terlalu luas cakupan pembelajaran yang dijalani oleh mahasiswa, sehingga dapat menjadi lebih fokus. “Revisi kurikulum ini harus berjalan di tahun 2023 dan melibatkan stakeholder agar terdapat suatu kesinambungan antara satu dan lainnya,” ucap Dr. Bekti Istiyanto, M.Si., selaku Dekan FISIP UPNVJ.

Dr. Anter Venus, M.A. Comm., selaku rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) juga memberikan beberapa masukan terkait dengan revisi kurikulum di program studi S1 Ilmu Komunikasi ini. Adapun beberapa masukan tersebut diantaranya yakni, diharapkan program studi S1 Ilmu Komunikasi nantinya mampu membuat citra khusus yang dapat menjadikan program studi ini dapat dikenal oleh dunia luar, contohnya seperti mengadakan festival film UPNVJ misalnya, sehingga nantinya UPNVJ akan selalu teringat akan ciri khasnya. Selanjutnya adalah eksplorasi kurikulum menuju orientasi digital, karena hal ini sesuai dengan perkembangan zaman. Mata kuliah wajib harus mampu menjadikan mahasiswa dapat berpikir secara strategis. Penelitian yang dilakukan mahasiswa juga harus sesuai dengan peminatan dosen, agar nantinya dapat dilakukan pembimbingan dengan maksimal. Selain itu fokuskan juga pada project based learning, seperti pembuatan film contohnya. Pada mata kuliah dengan tema bela negara, harus diturunkan menjadi mata kuliah di program studi.

Adapun hasil akhir dari finalisasi revisi kurikulum ini yakni, Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UPNVJ nantinya akan dibagi menjadi 3 peminatan dalam proses belajar mengajar, yakni Peminatan Advertising and Digital Marketing Communication, Peminatan Digital Public Relations, serta Peminatan Digital Journalism and Media. 3 Peminatan tersebut dapat dipilih oleh mahasiswa pada semester 5, sesuai dengan peminatan masing-masing. Dengan adanya revisi kurikulum ini maka visi dari S1 Program Studi Ilmu Komunikasi UPNVJ menjadi menghasilkan lulusan ilmu komunikasi yang unggul, kompeten, inovatif, berdaya saing, dan beridentitas Bela Negara di bidang digital periklanan, kehumasan, jurnalistik dan media di tingkat Asia di tahun 2030. Tentunya dengan adanya revisi kurikulum ini maka nantinya akan mampu menghasilkan lulusan program studi yang memiliki kemampuan untuk menjadi praktisi periklanan, public relation profesional serta praktisi media dan jurnalistik berbasis digital yang mampu bersaing secara profesional, baik itu di tingkat nasional maupun internasional. (Ayu Wardani)

× Hubungi Kami