Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Lensa Fix

Lensa fix atau terkadang disebut juga dengan lensa prime adalah tipe lensa yang memiliki jarak fokal tunggal seperti 15mm, 25mm, 50mm, 100mm, 200mm dll. Jarak fokal atau focal length adalah jarak dalam satuan milimeter (mm) antara bagian tengah optik lensa dengan gambar yang terbentuk pada sensor atau film dalam kamera.

Sesuai dengan namanya, lensa ini tidak dapat melakukan zoom in dan out. Hal ini membuat fotografer melibatkan banyak perpindahan tempat agar dapat memotret objek sesuai keinginannya.

Ciri lain dari lensa fix kelebihan dalam kecepatan lensa dan dengan aperture yang besar (nilai bukaan yang kecil) yaitu pada umumnya  f/1.4. 

  • Kelebihan lensa fix
  1. Bokeh

Hal ini menjadi kelebihan yang umum dalam lensa fix. Dengan bukaan atau aperture yang sangat luas, bahkan sampai f/1.1 dapat membuat foto semakin bokeh. Tidak hanya dapat menangkap background yang blur, tetapi juga dapat menangkap banyak cahaya sehingga sangat fleksibel dalam keadaan low light.

  1. Ukuran dan berat

Kemampuan lensa fix yang tidak dapat melakukan zoom dengan sangat besar menjadikan lensa ini lebih ringan dan enteng untuk digunakan dari pada lensa zoom. Bagi kalian yang sering melihat lensa zoom dengan ukuran yang lumayan panjang dan besar, tentu dapat membayangkan betapa beratnya untuk digunakan.

  1. Biaya

Banyak sekali lensa fix modern yang rata-rata harganya lebih murah daripada lensa zoom. Kalian dapat membeli lensa 50mm f/1.8m dimulai dari harga sejutaan. Hal ini membuat lensa fix jadi pilihan utama bagi fotografer yang ingin memulai serius dan mencoba lensa baru. Berbeda dengan lensa zoom yang bisa dikatakan lebih mahal bagi kalian yang minim dana.

Lensa Zoom

Sesuai namanya, lensa zoom dapat melakukan zoom secara sesuka hati. lensa ini memiliki focal length yang bervariasi dalam satu lensa. Dengan memutar zoom ring pada lensa, Kamu dapat menggerakkan elemen optikal di dalam lensa yang nantinya akan memberikan sudut area pandang (field of view)  yang berbeda. Akan tetapi, lensa ini cenderung memiliki aperture atau bukaan maksimum yang lebih kecil. Pada umumnya lensa zoom memiliki focal length 70-150mm. 

  • Kelebihan lensa zoom
  1. Fleksibilitas focal length

Tentunya dapat menentukan berbagai titik focal length dengan hanya memutarkan ring lensa memudahkan fotografer untuk menangkap objek dari berbagai jarak tanpa harus mendekati objek tersebut.

  1. Cocok dibawa jalan-jalan

Ketika sedang liburan, tentunya sebagai fotografer, kalian ingin mengabadikan setiap momen Cukup membawa 1 lensa zoom ini sudah menggantikan beberapa lensa fix saat Anda travelling. Oleh karena itu, penggunaan lensa zoom ini sangat tepat untuk Anda.

  1. Serba bisa

Lensa zoom akan lebih dapat diandalkan dalam berbagai situasi. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri. Apapun jenis objek yang kalian ingin potret, baik landscape atau portrait, dapat bekerja dengan baik apabila menggunakan lensa ini sehingga menjadi asset yang menguntungkan bagi fotografer.

JADI, PILIH YANG MANA?

Masing-masing lensa mempunyai kelebihannya tersendiri. Penggunaan lensa kamu harus disesuaikan dengan kebutuhan fotografi kamu. Jika kamu lebih sering berfoto secara outdoor, seperti foto lanskap, wildlife, dan olahraga, maka lensa zoom bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika kamu sering melakukan foto model, maka lensa fix dapat membantu. (Sumber: Frame Of Photography FISIP UPNVJ)

× Hubungi Kami