Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Era digitalisasi adalah zaman di mana segala sesuatunya serba digital. Semua hal dapat dilakukan dengan bantuan teknologi canggih serta akses internet yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Kemajuan peradaban manusia dapat terlihat juga melalui kemajuan teknologi saat ini. Era dengan segala kemudahan dan dengan kolaborasi dengan perangkat-perangkat teknologi canggih atau kekinian tersebut biasa disebut dengan Era Industri 4.0.

Era Digital telah mengubah cara kita berkomunikasi, berinteraksi, maupun menjalin hubungan dengan orang lain di berbagai daerah bahkan di sejumlah negara. Menurut laporan We Are Social yang dikutip www.katadata.co.id, jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 213 juta orang per Januari 2023. Angka ini setara 77% dari total populasi Indonesia yang sebanyak 276,4 juta orang pada awal tahun 2023 ini. Sedangkan, jumlah pengguna internet di Tanah Air naik 5,44% dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Pada Januari 2022, jumlah pengguna internet di Indonesia saja sebanyak 202 juta orang. Dengan demikian, media digital kini telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari.

Maka dari itu, kita harus memiliki pengetahuan, wawasan, pemahaman dan keterampilan yang cukup dalam komunikasi media digital. Mata kuliah Digital Media Communication/Komunikasi Media Digital merupakan mata kuliah yang sangat penting dan dibutuhkan pada era digital ini. Mata kuliah ini membahas komunikasi media digital mulai dari teori hingga praktik.

Berikut beberapa manfaat mempelajari Digital Media Communication/Komunikasi Media Digital pada Era Digital di Tahun 2023/2024:  

1. Menambah Wawasan dan Pemahaman tentang Komunikasi Media Digital 

Digital Media Communication/Komunikasi Media Digital membekali mahasiswa dengan wawasan dan pemahaman mendalam mengenai Komunikasi Media Digital. Mahasiswa mempelajari berbagai platform dan aspek komunikasi media digital mulai dari teori, sejarah hingga praktik.

2. Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Media Digital

Mata kuliah Komunikasi Media Digital juga mengembangkan komunikasi media digital mahasiswa. Mahasiswa belajar  menggunakan berbagai platform media digital, cara membuat konten media digital yang menarik, dan cara berkomunikasi secara efektif di media digital.  

3. Peluang Kesempatan Kerja Lebih Banyak

Keterampilan komunikasi media digital sangat diperlukan di era digital ini. Lulusan mata kuliah Digital Media Communication/Komunikasi Media Digital mempunyai kesempatan kerja yang lebih luas di berbagai bidang seperti komunikasi massa, kehumasan, periklanan, pemasaran, sebagai konsultan strategi komunikasi, maupun profesi lainnya.

Berikut  beberapa contoh pekerjaan yang membutuhkan keterampilan komunikasi digital:  

a. Content Creator.

b. Digital Marketer.

c. Digital Analyst.

d. Media Relations Specialist.

e. Social Media Manager.

f. Public Relations Officer.

g. Web Developer.

Secara keseluruhan, mata kuliah Digital Media Communication/Komunikasi Media Digital sangat penting untuk dipelajari pada era digital seperti saat ini. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif, efisien, dan tepat sasaran dengan beragam platform media digital.

Salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mengajarkan Mata Kuliah “Digital Media Communication/Komunikasi Media Digital” adalah Magister (S2) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ). Kelebihan Kuliah S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ adalah mendapat pendidikan dan bimbingan dari para dosen yang memiliki pengalaman dan keahlian pada bidangnya masing-masing. “Dosen-dosen Prodi 2 FISIP UPNVJ dapat memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada para mahasiswa S2. Terbukti dengan sejumlah mahasiswa/i Angkatan Pertama S2 Ilmu Komunikasi yang berhasil menyusun artikel ilmiah dan terbit di Jurnal Ilmiah SINTA 4 Kemendikbud,” ujar Wakil Dekan (Wadek) I, Dr. Fitria Ayuningtyas, M.Si.

Calon Mahasiswa baru Prodi S2 Ilmu Komunikasi UPNVJ dapat mulai bisa mendaftarkan diri pada bulan April 2024. Untuk mendapatkan informasi tambahan, Anda dapat mengunjungi website UPNVJ atau menghubungi Prodi S2 Ilmu Komunikasi UPNVJ.

sumber lain

× Hubungi Kami