Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FISIP UPNVJ –  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta menjadi tuan rumah dalam kuliah tamu bersama dengan Syeda Sadia Mehjabin dan Mohammad Aminul Islam. Keduanya merupakan dosen senior dari Universitas Liberal Art of Bangladesh. Bertepat di ruang Laboratorium Diplomasi, FISIP kegiatan kuliah umum ini bertema “The Emerging Politics of Digital Journalism Studies.”

Acara berlangsung sejak 09.30 – 11.30 WIB diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ. Kuliah tamu ini akan membahas sejumlah isu penting dalam jurnalisme digital, termasuk dampak politik yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial.

“Dunia jurnalisme mengalami perubahan yang sangat cepat. Dunia akademik pun didorong untuk bisa menyesuaikan diri,” kata Mohammad Aminul Islam, Senin (2/10/2023).

Apalagi perkembangan kecerdasan buatan/ artificial inteligence (AI) mendisrupsi dunia jurnalisme. Namun, Aminul masih berkeyakinan bahwa manusia tak tergantikan oleh mesin. Sebab, manusia dalam hal ini wartawan mampu menghadirkan konteks, sementara AI tidak dapat menghadirkan konteks. “Manusia mengetahui lebih dalam bagaimana menghadirkan informasi yang menarik untuk pembaca,” tambahnya.

Sementara itu, Syeda Sadia Mehjabin menyambut positif kuliah umum yang diselenggarakan. Dia melihat begitu besar antusiasme mahasiswa pada minat kajian jurnalistik di Indonesia. Terlihat dari bagaimana keaktifan mahasiswa dalam bertanya. “Saya juga sangat terkesan dengan keramahtamahan dari penyelenggara,” ujar Syeda.

Selain kuliah tamu, kegiatan ini juga akan diisi dengan penandatangan Implementation Agreement (IA) antara UPN Veteran Jakarta dan Universitas Liberal Art of Bangladesh, yang menandai komitmen kedua institusi untuk lebih mendalami kerja sama dalam bidang pendidikan dan penelitian. Kuliah tamu ini menjanjikan wawasan yang berharga tentang dinamika terkini dalam jurnalisme digital dan hubungannya dengan politik. (DS)

× Hubungi Kami