Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di UPN “Veteran” Jakarta melaksanakan lokakarya selama dua hari yang didedikasikan untuk peningkatan kualitas dan kapasitas jurnal-jurnal di lingkungan Fisip UPNVJ pada hari Kamis-Jum’at, 12-13 Oktober 2023

Lokakarya ini dihadiri oleh para pengelola jurnal di lingkungan FISIP UPN “Veteran” Jakarta dan menghadirkan 2 narasumber Dr. Iman Rusmana (Chief Editor HAYATI: Journal of Bioscience dan Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, IPB) dan Iman Jauhari (Relawan Jurnal Indonesia)

Dekan FISIP UPN “Veteran” Jakarta menyampaikan harapannya, “Setiap prodi maksimal tahun depan jurnal harus terakreditasi.”

Salah satu tema sentral dari lokakarya ini adalah potensi kolaborasi dengan Direktori Jurnal Akses Terbuka (DOAJ), yang menawarkan program berkelanjutan untuk pengembangan jurnal. Fakultas ini bercita-cita melihat jurnal-jurnalnya menjadi bagian dari jaringan DOAJ, membuka peluang baru untuk pertukaran akademik dan pengakuan global.

Selama acara, dijelaskan bahwa pengelolaan jurnal tidak seluruhnya oleh dosen. Ada ruang bagi individu yang berspesialisasi untuk mengambil peran manajerial. Pendekatan ini akan memungkinkan dosen untuk berkonsentrasi pada produksi artikel berkualitas tinggi, promosi penelitian, penyelenggaraan seminar, dan fokus pada substansi pekerjaan mereka.

“Pengiriman informasi yang lebih baik juga menjadi prioritas, dengan penekanan khusus pada penggunaan bahasa Inggris di FISIP. Hal ini bertujuan untuk memastikan akreditasi internasional karena aplikasi dan penilaian akan dilakukan dalam bahasa Inggris. Evaluasi internasional memerlukan kemampuan bahasa Inggris yang baik, yang ingin dicapai oleh FISIP” Ujar Dwi Fajar Saputra, Kepala Sub Data dan Informasi LPPM

Aspek penting lainnya yang dibahas adalah perlunya manajemen terpusat data pendukung, seperti ISSN dan DOI. Tanggung jawab untuk koordinasi dan dokumentasi harus diberikan kepada satu individu tunggal dalam fakultas ini, yang biasanya difasilitasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

Diketahui bahwa DOI bersifat berbayar, sehingga alokasi anggaran tahunan penting untuk menjaga akses tanpa gangguan ke konten jurnal dan transparansi keuangan pada DOAJ. -AEA-

× Hubungi Kami