Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi digital di kalangan remaja, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik & Fakultas Hukum, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) berkolaborasi menggelar pengabdian masyarakat dengan tema “Kesadaran Literasi Digital Bagi Remaja”. Acara ini berlangsung selama dua hari, pada tanggal 25 dan 26 Juni 2024, di SMK Tunas Media, Sawangan, Depok, untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada remaja mengenai literasi digital yang semakin krusial di era teknologi saat ini.

Pelatihan hari pertama dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2024 dimulai jam 07.30. Pembukaan kegiatan pada hari pertama tersebut dilakukan oleh Kepala SMK Tunas Media, Roni Madropi, S.Pd., M.Si., yang menekankan pentingnya literasi digital bagi siswa dan mengucapkan apresiasi atas kerja sama dengan UPN “Veteran” Jakarta dalam penyelenggaraan pelatihan ini.

Dr. Fitria Ayuningtyas, Dosen S2 Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jakarta, memulai sesi pertama dengan tema “Gerakan Cakap Digital”, yang menyoroti urgensi membangun kesadaran dan keterampilan literasi digital di kalangan remaja. Dr. Fitria menjelaskan pentingnya literasi digital dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi generasi Z. Materi yang disampaikan meliputi Pentingnya Literasi Digital, Kompetensi Digital, Etika Digital, dan Gerakan Cakap Digital bagi generasi Z.

Sesi berikutnya dibawakan oleh Nurfarah Nidatya, S.HI, MAIR, Dosen S1 Hubungan Internasional dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jakarta, dengan tema “Keamanan dalam Teknologi Digital”. Nurfarah menjelaskan berbagai ancaman dan tantangan dalam penggunaan teknologi digital serta strategi untuk menjaga keamanan pribadi dan data digital. Poin-poin penting yang dibahas mencakup ancaman keamanan digital, perlindungan data pribadi, privasi digital, dan tindakan pencegahan.

Pelatihan hari kedua yaitu pada tanggal 26 Juni 2024 dimulai jam 07.00, dibuka kembali oleh Kepala SMK Tunas Media, Roni Madropi, S.Pd., M.Si., hari kedua ini membahas tentang Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik). Paparan yang membahas Undang-Undang ITE disampaikan oleh Dr. Muthia Sakti, S.H., M.H., Dosen Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jakarta, Dr. Muthia memberikan pemahaman tentang isi dan tujuan undang-undang tersebut serta pentingnya kepatuhan untuk menghindari pelanggaran hukum. Dr. Muthia juga mengulas topik Perlindungan Data Pribadi, Dr. Muthia menyampaikan informasi terkait peraturan pemrosesan data pribadi dan persyaratan yang diatur dalam hukum.

Selama kegiatan berlangsung, siswa-siswi sangat aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, menunjukkan antusiasme mereka terhadap materi yang disampaikan. Kepala SMK Tunas Media mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya pelatihan ini, berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi memberikan kontribusi positif dalam kehidupan mereka. Kepala SMK Tunas Media pun berharap kegiatan ini dapat berjalan secara berkelanjutan.

Beberapa siswa-siswi juga menyampaikan kesan-kesannya selama terselenggaranya program tersebut dan merasakan manfaat dari program ini dapat menambah ilmu pengetahuan mereka akan materi yang di paparan. Kegiatan hari kedua sekaligus menutup keseluruhan acara ini di SMK Tunas Media. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama dengan siswa-siswi serta para tim dosen pengabdian masyarakat UPN “Veteran” Jakarta.

Sumber berita

× Hubungi Kami