Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ– Hari kedua IRONMAN 6.0 Model United Nations (MUN) yang diselenggarakan di UPN “Veteran” Jakarta berlangsung dengan sukses. Acara yang berlangsung dari pukul 07.00-17.00 WIB ini diselenggarakan di Gedung Cipto Mangunkusumo  Lantai 4 Ruang Lecture Hall, dan Gedung FISIP ruang kelas F301 hingga F306, mengumpulkan para mahasiswa yang ingin berperan sebagai delegasi PBB. yang dihadiri oleh lebih dari 230 peserta yang tergabung dalam berbagai council seperti UNICEF, WHO, UN WOMEN, UNESCO, dan UNEP. Jakarta, 21 September 2024

Acara ini dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 06.30 WIB, diikuti dengan pembukaan oleh MC dan sambutan dari Ketua Divisi MUN, Haura Izha Dhanazi. Setelah itu, para delegasi memasuki ruangan masing-masing untuk memulai sesi komite. Sesi Komite, yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 17.00, melibatkan perdebatan sengit tentang isu-isu global yang mendesak. Sidang dipimpin oleh Chairs dan Co-Chairs yang memfasilitasi diskusi yang dinamis dan memastikan bahwa semua delegasi berpartisipasi secara aktif.

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 200 delegasi yang terbagi dalam lima council utama, yang masing-masing berfokus pada isu-isu global yang berbeda. Acara ini melibatkan berbagai council dengan jumlah peserta sebagai berikut:

  • UNICEF: 60 peserta
  • WHO: 58 peserta
  • UN WOMEN: 38 peserta
  • UNESCO: 38 peserta
  • UNEP: 36 peserta

Council ini dipandu oleh : UNICEF : Zoltan Jennie, Pradipta Anugra WHO : Julyadi Sulaiman, Tiara Puspa UNESCO : Achmad Rafi, Stefanny Amina UN WOMEN : Naomi Niken, Alia Fatika UNEP : Sheila Viona, Vania Taroreh

IRONMAN 6.0 MUN memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengembangkan keterampilan diplomasi, debat, dan negosiasi. Selain itu, acara ini juga menjadi platform untuk membahas isu-isu global yang relevan dan mencari solusi bersama. Acara tahunan ini sangat penting untuk melatih para calon diplomat, pembuat kebijakan, dan pemimpin masa depan. Melalui simulasi sidang PBB, para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengasah keterampilan penting seperti berbicara di depan umum, berdiplomasi, bernegosiasi, dan bekerja sama dalam tim. Selain itu, topik yang dibahas dalam sesi ini mencakup masalah-masalah global seperti hak asasi manusia, kesehatan, kesetaraan gender, dan kelestarian lingkungan yang semuanya sangat relevan di dunia saat ini Setiap council memulai dengan sambutan dari Chair dan Co-Chair, diikuti dengan sesi komite yang berlangsung dalam empat sesi sepanjang hari. Acara juga dilengkapi dengan coffee break dan sesi ISHOMA untuk memastikan kenyamanan peseta. Setelah sesi komite, para peserta akan menyusun draft resolusi dan mendokumentasikan hasil diskusi mereka. Acara diakhiri dengan sesi Gossip Box dan dokumentasi.

Peserta menyusun draft resolusi
× Hubungi Kami