Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FISIP UPNVJ – Aktualisasi Bela Negara (ABN) merupakan salah satu jenis program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di luar kampus yang dirancang oleh Pusat Kajian Bela Negara Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ). Program ini diinisiasi oleh Azwar, M.Si,  Ns. Fiora Ladesvita, M.Kep., Sp. Kep. MB selaku anggota bidang pendidikan Pusat Kajian Bela Negara serta M. Ikhsan Amar, M.Gz selaku wakil ketua Pusat Kajian Bela Negara.  Peserta ABN adalah mahasiswa UPNVJ aktif semester V (lima). ABN secara sederhana pelaksanaannya hampir sama dengan pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang dilaksanakan oleh para mahasiswa di suatu daerah. Tujuan diadakannya ABN adalah sebagai wujud implementasi nilai dasar Bela Negara. Dengan adanya ABN ini diharapkan implementasi hard skills dan soft skills Bela Negara dapat terbentuk dengan kuat.

ABN UPNVJ telah terlaksana 1 periode sebelumnya yang dimulai pada bulan Maret 2023. Saat ini, ABN yang sedang berlangsung adalah ABN periode kedua, yang berlangsung sejak Selasa (12 September 2023) hingga berakhir pada tiga bulan ke depannya. Dalam pembukaan ABN periode II, Dr. Ridwan, S.Sos., M.Si. selaku Ketua Pusat Kajian Bela Negara menyampaikan agar mahasiswa mampu beradaptasi dengan baik dengan masyarakat di desa Tanjung Sari serta mampu mengaktualisasi nilai-nilai Bela Negara dalam pelaksanaan ABN. Pembukaan ABN dihadiri oleh para peserta mahasiswa ABN, Ketua dan Wakil Ketua Puska, Para DPL, serta staff administrasi Puska UPNVJ yakni Zahra Fauziyyah Akmal, S,Pd.

ABN UPNVJ periode kedua ini diikuti oleh 4 fakultas, yakni FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), FIKES (Fakultas Ilmu Kesehatan), FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) serta FIK (Fakultas Ilmu Komputer). Masing-masing kelompok mahasiswa tersebut, dibimbing oleh masing-masing DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), yakni Ayu Wardani, S.I.Kom., M.A. (DPL FISIP), Ns. Lina Berliana Togatorup, M.Kep (DPL FIKES), Dr. MB. Nani Ariani, S.E., M.M. (DPL FEB), serta Rio Wirawan, S.Kom., MMSI (DPL FIK). Jumlah mahasiswa yang mengikuti yakni 33 orang, yang terdiri dari 18 orang mahasiswa dan 15 orang mahasiswi. Secara rinci, dari FISIP terdiri 5 orang, FIK 11 orang, FEB 1 orang, serta FIKES 16 orang.

Daerah yang menjadi tujuan ABN UPNVJ periode ke II ini yakni Desa Tanjung Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sebenarnya Desa Tanjung Sari juga merupakan tujuan lokasi ABN UPNVJ periode I, mengapa daerah lokasi ABN periode II tetap sama, hal ini dikarenakan adanya permintaan kembali dari perangkat Desa Tanjung Sari untuk dilaksanakannya kembali ABN periode II di desa tersebut. Alasan permintaan kembali tersebut, karena dari pihak desa sendiri merasa program yang diberlakukan mahasiswa pada ABN sebelumnya perlu untuk dilanjutkan kembali pada desa tersebut, salah satunya seperti dalam membantu membuat digitalisasi data perangkat desa.

Fisip UPNVJ dalam kegiatan ABN ini memiliki beberapa rencana program kerja yang akan dilaksanakan yakni membuat video dokumenter terkait desa Tanjung Sari, membuat poster yang berkaitan dengan program pengembangan desa (yang berkaitan dengan SDG’s), serta membuat monograf terkait data desa. Adapun rencana kerja dari FEB yakni akan melakukan sosialisasi terkait pembangunan berkelanjutan (SDG’s) pada masyarakat sekitar. FIKES memiliki program kerja memberikan edukasi kesehatan kepada siswa/siswi sekolah, membuat program wirausaha membuat sabun dari minyak goreng sisa rumah tangga, serta melakukan analisis terkait ketersediaan sarana/prasarana kesehatan. Sementara itu, program kerja dari FIK yakni membantu integrasi data digital terkait UMKM yang ada di Desa Tanjung Sari, Kabupaten Bogor. (Ayu Wardani)

× Hubungi Kami