Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Jakarta, 17 September 2018 – Dalam rangka memperkenalkan salah satu peminatan studi Politik Perkotaan, Program Studi Ilmu Politik FISIP UPN “Veteran” mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Isu-Isu Pembangunan Perkotaan” di Aula Gedung FISIP. Kuliah umum kali ini mengundang Drs. Wariki Sutikno, MCP yang merupakan Direktur Politik dan Komunikasi Kementerian PPN/Bappenas. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Politik angkatan 2017 dan 2018, mahasiswa dari jurusan lain di FISIP UPN, dan dosen-dosen Ilmu Politik UPN. Acara dibuka oleh Fakhuri selaku Ketua Prodi Ilmu Politik dan dimoderatori oleh Jamalianuri.

Pada acara tersebut, Wariki yang juga merupakan lulusan dari University of Pennsylvania, memaparkan materi terkait politik dan pembangunan perkotaan dan pentingnya bagi mahasiswa ilmu politik untuk memahami konteks pembangunan perkotaan. Hal ini terutama karena kota merupakan pusat dari aktivitas sosial, politik, dan ekonomi sehingga menjadikan isu kota sangat lintas disiplin. Kondisi politik dan kekuasaan memiliki dampak yang besar bagi pembangunan perkotaan dan aktivitas perencanaan kota dipengaruhi oleh dinamika kontestasi kekuasaan. Lebih lanjut, Wariki menekankan akan pentingnya kebijakan yang partisipatoris dari warga kota yang cerdas.

Pria kelahiran Lamongan tersebut juga memaparkan terkait arah kebijakan pembangunan perkotaan dalam RPJMN 2015-2019 sebagai wujud percepatan sistem perkotaan nasional (SPN) untuk menciptakan kota yang aman, nyaman, dan layak huni.

Di akhir acara, Prodi Ilmu Politik berharap bahwa  kegiatan dengan menundang narasumber dari Bappenas ini dapat menjalin kerjasama antara UPN dengan lembaga pemerintah untuk meningkatkan mutu Prodi Ilmu Politik.

× Hubungi Kami