Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

Senin, 12 November 2018 telah dilaksanakan kegiatan sit-in lecture bersama dengan mahasiswa Australian Defense Forces (ADF). Kegiatan tahunan ini merupakan salah satu wujud kerjasama yang terjalin antara FISIP UPNVJ dengan Balitbang KEMHAN. Acara ini dilaksanakan di Ruang Auditorium FISIP UPNVJ.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang III, Dr. Kusumajanti ini dihadiri oleh 13 Siswa ADF, 10 orang pendamping dari Balitbang Kemhan, Wakil Dekan Bidang II FISIP UPNVJ, dan perwakilan dosen dari program studi Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional dan Ilmu Politik. Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang III memaparkan kegiatan yang akan dilakukan oleh para siswa.

“Nanti setelah ini, sebagian akan masuk dan mengikuti mata kuliah dari prodi ilmu komunikasi, sebagian lagi akan mengikuti mata kuliah hubungan internasional. Saat kelas selesai, kita akan kembali lagi berkumpul disini.” Ujarnya saat pembukaan.

Kelas pertama yang diajar oleh Dr. Kusumajanti berjalan dengan diskusi dan obrolan-obrolan yang hanya boleh menggunakan Bahasa Indonesia. Sama hal nya dengan kelas pertama, kelas yang diajar oleh Afrimadona Ph.D pun hanya boleh menggunakan Bahasa Indonesia.

Hal menarik di kelas kedua diminta untuk membuat kelompok-kelompok kecil agar dapat berdiskusi. Para siswa ADF pun dengan antusias mengikuti kelompok diskusi kecil tersebut. Para siswa ADF pun bisa memamerkan kemahirannya dalam berbahasa Indonesia.

Para siswa ADF ini sudah mempelajari Bahasa Indonesia selama kurang lebih 10 bulan. Kesempatan kali ini mereka gunakan untuk langsung berinteraksi dengan mahasiswa-mahasiswi FISIP UPNVJ yang memang menggunakan Bahasa Indonesia untuk sehari-harinya.

Kedepannya diharapkan kegiatan ini akan terus berlangsung secara rutin di FISIP UPNVJ sebagai bentuk kerjasama dengan Balitbang KEMHAN. * (ACP)

× Hubungi Kami