Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

Jakarta,  3 Mei 2019 – Program Studi Ilmu Politik FISIP UPN “Veteran” Jakarta menyelenggarakan Kuliah Umum yang betema “Perubahan Global dan Dampaknya Bagi Indonesia dalam Perspektif Pertahanan dan Kewarganeraan” dengan narasumber Letjen (Purn) Agus Widjojo, selaku Gubernur LEMHANAS RI (Lembaga Pertahanan Nasional Republik Indonesia) dan dimoderatori oleh dosen program Studi Ilmu Politik FISIP UPN “Veteran” Jakarta, Abdul Ghofur S.S, M.IP,. Acara ini diselenggarakan pukul 13.00 hingga di Auditorium FISIP ruang 101, UPN “Veteran” Jakarta.

letjen_agus.JPG

Dalam kuliah umum yang diselenggarakan kali ini, dihadiri oleh Wakil Dekan I, Dosen, dan mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Jakarta. Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Siti Maryam selaku Wakil Dekan I FISIP UPN “Veteran” Jakarta. Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna mendapatkan referensi untuk merancang visi misi Program Studi Ilmu Politik FISIP UPN “Veteran” Jakarta dalam menghadapi tantangan politik dan revolusi industri 4.0. Beliau berharap dengan dihadirkannya Letjen (Purn) Agus Widjojo sebagai narasumber kuliah umum kali ini dapat membantu dalam penyusunan visi misi Program Studi Ilmu Politik FISIP UPN “Veteran” Jakarta.

letjen_agus_3.JPG

Letjen (Purn) Agus Widjojo menjelaskan dalam pemaparan materinya bahwa syarat mencari dan memilih pemimpin adalah memenuhi sebagian mayoritas masyarakat dan pemimpin untuk mewakili seluruh rakyat untuk menjalankan negeri ini. Namun, menurutnya tidak ada pemimpin yang sempurna. Maka dibutuhkan masyarakat dalam mengawasi lembaga-lembaga pemerintah.

Menurut beliau, politik dikenal dengan perebutan kekuasaan. Maka, Ilmu Politik harus ‘menjual’ platfrom yang akan menjadi ideologi nasional. Ilmu sosial dan ilmu politik harus mencari fakta tentang fenomena yang terjadi dalam masyarakat.

(Sumber: Prodi Ilmu Politik)

× Hubungi Kami