Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Frame of Photography (FOP) UPN Veteran Jakarta melaksanakan kegiatan Workshop Photography selama 3 hari, mulai dari hari Kamis tanggal 3 Februari 2022 hingga hari Sabtu tanggal 5 Februari 2022. Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka di Laboratorium Televisi FISIP UPN Veteran Jakarta, dengan menerapkan protokol kesehatan, serta ada 1 sesi yang dilaksanakan melalui media daring (Zoom). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan dasar kepada para Junior (anggota baru) FOP.  

Pada Hari Pertama menghadirkan dua narasumber, yakni Alif Zaky Assidiqi, yang merupakan reporter Kumparan dan didampingi oleh  Felix Milerivan Marcel selaku alumni FOP. Adapun tema yang dibahas seputar dasar-dasar fotografi, di antaranya perkenalan sejarah fotografi hingga mengenal Triangle Photography. Setelah itu, narasumber melakukan sesi praktik kepada para Junior FOP seperti mengambil beberapa foto di sekitar kampus berdasarkan materi yang telah dijelaskan sebelumnya, kemudian narasumber memberikan masukan dan penilaian terhadap foto yang telah diambil.

Pada Hari Kedua hanya menghadirkan satu narasumber, yakni Tripa Ramadhan yang merupakan Photo Researcher dari detikcom. Tema yang dibahas pada hari tersebut yakni EDFAT. Sama seperti hari sebelumnya, pada hari tersebut Narasumber turut memberikan sesi praktik kepada para Junior dengan mengambil beberapa foto di sekitar kampus berdasarkan materi yang telah disampaikan. Kemudian, Narasumber memberikan penilaian dan masukan terhadap foto-foto yang telah diambil oleh para Junior. 

Pada Hari Kedua terdapat dua sesi, sesi pertama dilaksanakan secara langsung di kampus dan sesi kedua dilaksanakan secara online melalui media daring (Zoom) pada malam harinya. Sesi kedua juga menghadirkan satu narasumber, yakni Guritno Priyo Utomo yang bekerja di PT Emas Antam Indonesia (EAI) sebagai desainer grafis. Sesi tersebut bertema komposisi dan white balance dalam fotografi serta mengoreksi foto-foto yang diperoleh dari para Junior pada hari sebelumnya, lalu mengaitkannya dengan materi yang sedang dibahas.

Pada Hari Ketiga menghadirkan dua narasumber, narasumber pertama diisi oleh Davin Risy Al-Hanif dan Felix Milerivan Marcel yang mana keduanya merupakan alumni FOP. Pemberian materi dilakukan oleh Davin Risy Al-Hanif melalui media daring, karena beliau tidak dapat hadir karena sakit, sementara pelaksanaan sesi praktik dilakukan oleh Felix Milerivan Marcel secara langsung. Pelaksanaan Workshop tetap dilaksanakan secara offline, membahas Phone Photography dan Virtual Photography serta melaksanakan praktik melakukan teknik fotografi menggunakan smartphone dan menyusun konsepnya dengan media daring seperti Zoom atau Google Meet.

Sumber : Frame of Photography (FOP)

× Hubungi Kami