Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FISIP UPNVJ – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN “Veteran” Jakarta mengadakan kegiatan Silaturahmi Alumni Program Studi Ilmu Komunikasi. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pengurus IKA Prodi Komunikasi, Vina Mahdalena yang juga merupakan alumni Angkatan 2009.

“Alumni FISIP UPNVJ itu hebat-hebat, maka dari itu kegiatan ini dilakukan guna mengumpulkan kembali alumni-alumni yang telah tersebar di luar dan menjadi orang-orang hebat. Sambutan dari fakultas sangat luar biasa dalam mendukung terbentuknya IKA Prodi Komunikasi ini,” ucap Vina.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama FISIP UPN Veteran Jakarta, Musa Maliki Ph.D. Dalam sambutannya, Musa mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan inisiasi baik yang perlu terus ditindaklanjuti ke depannya.

Selain silaturahmi, kegiatan ini juga bertujuan mengumpulkan kembali “tulang-tulang yang berserakan,” yaitu para alumni, untuk dipersatukan kembali ke dalam tubuh FISIP UPNVJ.

“Hal utama dalam kegiatan ini juga merupakan konsolidasi alumni dalam rangka menghadapi persaingan para alumni kampus lain di sejumlah perusahaan, NGO, dan kementerian,” tutur Musa.

Ia berharap pembentukan ikatan alumni ini dapat mendorong para alumni untuk memberikan semangat serta berbagi pengalaman kepada para mahasiswa untuk menghadapi persaingan di dunia kerja setelah lulus nanti.

Keseluruhan acara ini dipandu Bangkit, salah satu alumni FISIP UPNVJ Angkatan 2010. Saat membawakan acara, Bangkit memilih beberapa alumni untuk perkenalan, salah satunya Sendi.

“Adanya IKA ini sudah direncanakan sejak lulus. Alumni ini sangat dibutuhkan oleh universitas, dan alumni juga membutuhkan IKA,” sebut Sendi, yang merupakan angkatan ke-2 FISIP UPNVJ tahun 1998.

Ia mengatakan bahwa IKA UPNVJ dapat terbentuk di tahun 2010 setelah terinspirasi IKA Universitas Indonesia.

Acara Silaturahmi Alumni Prodi Ilmu Komunikasi UPNVJ ini sekaligus juga digelar untuk diskusi bersama para dosen yang pernah mengajar jajaran alumni, yaitu Ibu Dr. Rini Riyantini, M.Si, Bu brahma. Ada juga perwakilan mahasiswa aktif, yaitu ketua HIMAIKOM, Salma, dan perwakilan alumni yang diwakili Sendi. Kegiatan diskusi ini dipandu Ipul, alumni UPNVJ Angkatan 2005.

Diskusi tersebut membahas tentang peran alumni dalam dunia kerja dan pengalaman organisasi. Kebanyakan perusahaan saat ini pasti melihat pengalaman organisasi calon karyawan. Adanya IKA ini penting diadakan untuk mengikat antar senior dan junior. Rini menambahkan, alumni juga harus menjaga ‘rumahnya,’ karena mereka akan terus terikat dengan universitas.

Sementara itu, forum IKA telah diadakan di tahun 2010. Kegiatan tersebut dihadiri banyak alumni Angkatan 1997-2010. Namun sayangnya, setelah terbentuk kepengurusan, dan organisasinya, IKA cenderung tidak aktif.

Namun dengan diadakannya kembali kegiatan IKA, para alumni yang masih aktif berupaya mengundang alumni lainnya. Harapannya ke depannya, kegiatan IKA ke depan akan dihadiri lebih banyak alumni.

Selanjutnya, IKA akan membentuk kepengurusan definitif. Harapannya, setelah adanya kepengurusan ini, IKA bisa menjadi rumah yang menguntungkan semua pihak, antara alumni, mahasiswa aktif, maupun universitas. -Arina Calista Putri-

× Hubungi Kami