Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) Program Studi S1 Ilmu Politik dan Ilmu Hubungan Internasional UPN “Veteran” Jakarta melakukan pelatihan Literasi Digital Dampak Negatif Cyberbullying dan Cara Mengatasi Cyberbullying kepada siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Negeri 34 Cipayung, Jakarta Timur.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2023, pelatihan ini menyasar murid PKBM Negeri 34 Cipayung. Tim pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) yang terdiri dari Hesti Rosdiana, M.Si, sebagai ketua tim pengabdian kepada masyarakat dan beranggotakan Lia Wulandari, S. Sos., MPP., dan Raden Maisa Yudono, S.Sos., M.Si  mengungkapkan bahwa PKBM Negeri 34 Cipayung sebagai mitra Abdimas untuk melatih agar murid dari PKBM dapat melindungi diri dari cyberbullying, kesadaran untuk mencegah cyberbullying dan membantu korban cyberbullying.

Dalam sesi pelatihan, ia menjelaskan pentingnya kesadaran terhadap cyberbullying dan bagaimana menghadapi cyberbullying kepada para siswa peserta pelatihan. Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat lebih bijak dalam menggunakan sosial media dan membantu mencegah dampak negatif cyberbullying atau bahkan membantu korban cyberbullying.

Selain itu, pada sesi kedua, Lia Wulandari, S.Sos., M.PP, juga memberikan contoh cyberbullying dan dampak negatif cyberbullying yang dapat terjadi dan mungkin pernah dilihat dan dialami oleh para siswa peserta pelatihan sendiri. Melalui sesi tanya jawab ternyata beberapa peserta juga mengalami sendiri dan pernah menjadi korban bullying dalam kehidupan sehari-hari maupun melalui sosial media. Para peserta juga mengungkapkan bagaimana contoh cyberbullying yang pernah mereka hadapi dan mereka lihat pada sosial media yang banyak menimpa idola mereka terutama idola dari group band korea yang mereka banyak idolakan misalnya. Bela negara juga dapat dilakukan dengan membantu korban cyberbullying misalnya dengan memberikan komentar yang positif dan menguatkan korban cyberbullying pada media sosial.

Peserta pelatihan literasi digital ini diikuti oleh kurang lebih 129 peserta didik pada PKBM Negeri 34 Cipayung yang dari terdiri dari siswa tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. acara yang dilaksanakan dari pukul 08.00 pagi hingga 12.00 siang di laboratorium sekolah di Jakarta Barat tersebut. Mereka terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Beberapa siswa juga mengaku baru pertama kali mendapatkan pelatihan dan pengetahuan tentang cyberbullying. Melihat dampak positif terhadap pelatihan ini, pihak kepala sekolah PKBM Negeri 34 Cipayung berharap agar kegiatan ini dapat dilanjutkan pada tahun berikutnya.

× Hubungi Kami