Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FISIP UPNVJ – 200 orang mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional turut bergabung dalam perayaan ulang tahun Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Perayaan ini diselenggarakan dengan mengadakan kuliah umum secara serentak di 38 provinsi, termasuk DKI Jakarta, yang diwakilkan oleh UPN Veteran Jakarta. Kuliah umum diawali dengan pengantar yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri, Ibu Retno Marsudi. Selanjutnya, kuliah umum dipandu oleh dosen Program Studi Hubungan Internasional, Nurfarah Nidatya, S.H.Int., MAIR, dengan narasumber Leonard F. Hutabarat, S.IP., M.Si., Ph.D., Diplomat Madya, Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri. (Senin, 21 Agustus 2023)

Kuliah Umum Politik Luar Negeri RI dengan tema ASEAN, Tantangan Global dan Peran Politik Luar Negeri RI disampaikan dengan komprehensif oleh Bapak Leonard. Disampaikan, selama periode dari 1 Januari hingga 31 Desember 2023, Indonesia memiliki tanggung jawab kepemimpinan dalam ASEAN. Ini merupakan kali kelima Indonesia memegang posisi Ketua ASEAN sejak organisasi ini didirikan. Pada tahun 2023, Indonesia bertekad untuk mengarahkan fokus Ketuaan ASEAN pada upaya menjadikan wilayah ASEAN sebagai zona yang stabil dan damai, berperan sebagai pijakan penting bagi stabilitas global. Bapak Leonard juga menyampaikan pesan Bu Menlu, bahwa generasi muda harus mengenal ASEAN. Generasi muda harus bangga dengan identitas komunitas ASEAN. Generasi muda lah yang akan menentukan arah dan gaya wilayah ASEAN di masa depan.

“Kuliah umum ini menjadi pengalaman yang memikat karena kami bisa langsung mendengarkan pemikiran inspiratif dari diplomat yang berpengalaman dan ahli dalam hubungan internasional. Kegiatan seperti ini membantu kami memahami bagaimana teori yang dipelajari di kelas dapat diaplikasikan dalam konteks dunia nyata. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini dan berharap bisa mengikuti lebih banyak kuliah umum di masa depan,” kesan salah satu peserta kegiatan ini.

× Hubungi Kami