Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HIMAPOL) UPN Veteran Jakarta telah melaksanakan salah satu rangkaian pada program kerja Politica 6.0, yakni Focus Group Discussion (FGD) yang berlangsung pada hari/tanggal/tempat. Sabtu, 23 September 2023 di Auditorium MERCe lantai 8 Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta, Kampus Limo. FGD merupakan sebuah rangkaian dari Politica 6.0 yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan pandangan, pendapat, dan persepsi mahasiswa ilmu politik dengan metode representatif, yang berkaitan dengan topik atau isu tertentu. Agar Mahasiswa Baru dapat memahami berbagai perspektif, mengidentifikasi sebuah isu, meningkatkan pemahaman topik & pengumpulan data, serta menggarap sebuah evaluasi dan solusi.

FGD memiliki konsep diskusi sekaligus interaksi antara peserta FGD, Penilai FGD, dan Audiens dari FGD, dengan menggunakan metode pro/kontra/netral berdasarkan perspektif yang dibangun. Peserta FGD terdiri atas 3 anggota yang berasal dari masing-masing kelompok yang sudah ditentukan oleh panitia (10 Kelompok dalam Politica 6.0), FGD memiliki 3 sesi dan tema yakni: Relevansi Pergerakan Mahasiswa dalam Menjaga Nafas Demokrasi (1); Efektivitas Organisasi Mahasiswa pada salah satu Skema Program MBKM (Magang) (2); Pemilu 2024 : Bekal Calon Presiden dalam Melanjutkan Program IKN (3). Kedua sesi diawal tersebut dibagi menjadi 3 peran; pro,kontra, dan netral. Sedangkan sesi ketiga dibagi peran menjadi: Partai Politik Pro Pemerintah [PRO]; Pengusaha [PRO]; Mahasiswa [Kontra]; LSM Anti Oligarki [Kontra]. Dalam pandangan Pro membahas mengenai sudut pandang topik dan analisis berdasarkan perspektif pro terhadap tema yang diangkat, Kontra membahas mengenai mengenai sudut pandang topik dan analisis berdasarkan perspektif kontra terhadap tema yang diangkat, sedangkan Netral mengenai sudut pandang topik dan analisis berdasarkan perspektif netral (menjadi benang merah dengan argumentasi pro-kontra) terhadap tema yang diangkat.

Teknis pelaksanaan FGD pada setiap sesinya memiliki segmentasi pembagian waktu, waktu tersebut dibagi menjadi : Argumentasi Awal (1) [5 Menit]; Argumentasi Sanggahan (2) [15 Menit]; Argumentasi Klarifikasi (3) [5 Menit]; Argumentasi Penutup/Konklusi (4) [2

Menit]. Seluruh peserta dapat mengeksekusi dan berpartisipasi dalam setiap segmen FGD, dan Audiens memiliki kesempatan memberikan Argumentasi dan pertanyaan pada peserta FGD dalam Segmen kedua. Seluruh Peserta dan Audiens FGD telah mengikuti sesi mentoring bersama mentor kelompoknya masing-masing dan disediakan Guideline Ebook agar mempersiapkan Argumentasi dan kesiapan pematangan diri secara baik sebelum rangkaian FGD dimulai.

FGD dimulai dengan pembukaan oleh MC yang dilanjutkan beberapa sambutan dari penanggung jawab acara hingga diserahkan kepada moderator, moderator memiliki peran membawa alur FGD dengan baik, sehingga sesi FGD dapat kondusif dan efisien. Maka dilanjut dengan ketiga sesi FGD dengan diberi komentar oleh tim penilai/juri FGD untuk memberikan masukan kepada Peserta FGD dan menjadi wadah edukatif bagi audiens FGD. Berakhirnya sesi FGD ditandai dengan penutupan dari moderator dan MC sekaligus diucapkannya sumpah mahasiswa dan dilantunkannya lagu darah juang sebagai tanda berakhirnya acara Focus Group Discussion (FGD) Politica 6.0.

× Hubungi Kami