Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Sistem pembelajaran jarak jauh sudah mulai mendapat perhatian penting dari berbagai institusi pendidikan di Indonesia, tidak luput juga di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama dosen untuk penerapan Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) dengan mengikutsertakan terlebih dahulu seluruh dosen struktural lingkungan UPNVJ dalam Pelatihan Pembelajaran Dalam Jaringan (PPDJ) angkatan ke 2 Bagi Tenaga Pengajar UPNVJ di Gedung Wisma 2 lantai dasar, Universitas Terbuka (UT), Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan pada 2 s.d. 4 November 2023 pukul 08.30 sampai 18.00 WIB.

Kerjasama antara UPNVJ dan UT merupakan bentuk kolaboratif dan juga ‘simbiosis mutualisme’ dalam mempersiapkan sistem pembelajaran jarak jauh bagi mahasiswa/I dan juga peningkatan keahlian dosen dalam memanfaatkan media digital dan multimedia sebagai medium pembelajaran.

Keberadaan UT begitu dikenal dengan perguruan tinggi yang menerapkan system pembelajaran jarak jauh sejak lama dan juga penerpana system pembelajaran mandiri bagi mahasiswa/I di Indonesia. Adapun UPNVJ yang juga dikenal dengan pembelajaran tatap muka memiliki target untuk menerapkan system pembelajaran hybrid dengan melakukan pembekalan awal bagi para dosen untuk rencana pembelajaran di tahun ajaran berikutnya untuk bisa menerapkan model pembelajaran synchronous dan asynchrnous.

Dikatakan oleh Dra. Suci Madiarti Isman, M.A., Ph.D, selaku mentor utama dalam Pelatihan Pembelajaran Dalam Jaringan Bagi Tenaga Pengajar UPNVJ,  bahwa model pembelajaran daring tidaklah mudah seperti dibayangkan. Tidak hanya sebatas dosen menggunakan perangkat multimedia namun kebanyakan tidak mengetahui system dan manajemen pembelajarannya.

“Dosen yang akan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh harus mempelajari terlebih dahulu mempelajari konsep, kemudian strategi pembelajaran, dan interaksi dan pemerangkatan pembelajaran karena ada interaksi manusia dan computer yang harus diperhatikan,” ujar Suci dalam memberikan paparan awalnya.

Bukan hanya dari segi kognitif saja, dalam pembelajaran jarak jauh berbasis online digital dosen harus benar-benar mengenal perangkat yang digunakan, seperti halnya e elarning. Perangkat pembelajaran merupakan medium dasar bagi dosen untuk menyampaikan materi berupa video, audio, dan teks tertulis. Selain itu perangkat e learning seperti moodle merupakan perangkat lunak dasar yang banyak digunakan oleh berbagai institusi Pendidikan termasuk UT dan UPNVJ untuk pembelajaran jarak jauh.

Menurut Nang Budiyanto, S.T, selaku mentor teknis penggunaan elearning-Moodle pada PPDJ Angkatan ke 2 UPNVJ, menyampaikan bahwa system pembelajaran jarak jauh dengan perangkat lunak Web Based  melalui moodle ini harus mampu mengkolaborasikan berbagai model pembelajaran seperti perangkat multimedia, diskusi teks, kemudian pemberian tugas dan quis serta menyediakan link dari platform video conference seperti google meet, zoom dan sejenisnya.

“Standar elearning yang digunakan sudah disesuaikan standar rekomendasi dari Dikti yang benar-benar kolaboratif dengan menyediakan berbagai fitur-fitur lengkap di dalamnya sehingga dosen bisa menyediakan bebagai varian pengajaran yang secara online. Bahkan fitur yang tersedia pun bisa digunakan untuk penyelia link pengajaran conference bagi dosen agar bisa melakukan tatap maya,” Kata Budiyanto dalam paparannya.

Ditambahkan oleh Budiyanto. melalui Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh ini juga untuk memberikan wawasan dan penggunaan elearning secara terstruktur, memenuhi kualifikasi capaian pembelajaran dosen di kelas dan memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dosen dan mahasiswa di ruang maya.

× Hubungi Kami