Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Derasnya arus informasi pada pesatnya teknologi digital saat ini membuat peran individu begitu penting dalam memahami kebenaran terhadap informasi yang beredar saat ini. Mengetahui data merupakan bentuk dasar dari sebuah fakta yang bisa bersumber dari mana pun.

Hal ini dikatakan oleh Haria Saputry Wahyuni,S.I.Pus.,M.I.Kom, dosen Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi pada Universitas Widyatama, Bandung saat membawakan materi tentang Ilmu informasi dalam Seminar Nasional Sains Informasi dengan tema Ilmu informasi yang diselenggarakan pada (07/11) di Laboratorium Diplomasi Gedung FISIP A, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) pukul 10.00 – 12.00 WIB.

Acara yang diselenggarakan oleh Program Studi Sains Informasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), UPN Veteran Jakarta ini merupakan bentuk Kerjasama antara Universitas Widyatama Bandung dengan UPN Veteran Jakarta dalam pengimplementasian perjanjian kerjasama dalam bentuk kuliah tamu dan seminar.

Dosen yang memiliki kepakaran Bidang Keahlian, Infopreneur, Literasi Informasi, Literasi Media, dan Perpustakaan Khusus ini menyampaikan bahwa keberadaan informasi bisa dimana saja termasuk ada dalam diri sendiri sehingga penting bagi mahasiswa untuk mempelajari ilmu informasi dari berbagai perspektif. Haria sembari memberikan hadiah berupa kudapan coklat kepada mahasiswa yang merupakan salah satu peserta seminar dan merasakan rasa coklat kemudian memberikan informasi seputar rasa yang diberikan kepada peserta.

“Informasi bisa berasal dari diri sendiri saat merasakan pengalaman kita sehari-hari mulai dari bangun tidur kemudian berangkat kuliah, mampir kemana saja. Selain itu juga kita makan apa saja sejak pagi sampai malam dan yang kita rasakan itu bisa menjadi informasi buat kita untuk disampaikan kepada siapapun,” ujar Haria saat memberikan pemaparan di hadapan 100 mahasiswa Sains Informasi.

Ilmu Informasi sudah terimplementasikan dalam bentuk teknologi dan sudah menjadi bagian terintegral antara informasi dan teknologi yang bertujuan untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada publik. Seperti dikatakan oleh Ketua Program Studi Sains Informasi, Radita Gora dalam sambutannya mengatakan bahwa teknologi merupakan sumber besar dalam derasnya arus informasi dan banyaknya penyimpangan dalam bentuk disinformasi dan umpatan kebencian menumpuk semua pada perangkat digital dengan platform media sosial.

“Penting diadakannya seminar ini bertujuan untuk memberikan pencerahan dan pengetahuan baru buat mahasiswa terutama Sains Informasi dengan mempelajari berbagai ilmu informasi dalam kehidupan sehari-hari dan berteknologi,” ujar Radita dalam sambutannya.

Ditambahkan Radita, diharapkan pada kegiatan seminar nasional ini juga bisa menjadi sarana diskusi mahasiswa/I Sains Informasi dengan akademisi dari perguruan tinggi lain agar mendapatkan berbagai perspektif keilmuan yang berbeda dari beda perguruan tinggi.

“Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan berbagai perspektif keilmuan dari bidang informasi ataupun bidang lain yang multidisiplin, dan juga mahasiswa diharapkan mampu untuk meintegrasikan sinergi kinerja antara dua perguruan tinggi berbeda dan dalam lingkup rumpun program studi yang sama,” Radita menambahkan.

Pada sesi akhir acara dari seminar nasional dilanjutkan dengan tanda tangan Implementation Agreement (IA) dan foto bersama. Diharapkan oleh Fitria Ayuningtyas, Wakil Dekan I FISIP UPNVJ ini agar Kerjasama Universitas Widyatama dan UPNVJ menjadi Kerjasama yang terus berjalan dan bersinergi dalam produktivitas tri dharma perguruan tinggi atau kegiatan Bersama.

× Hubungi Kami