Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berkunjung ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (FISIP UPNVJ) pada hari Selasa, 12 Desember 2023

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FISIP, Anwar Ilmar, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari ITS, khususnya dari Surabaya yang cukup jauh. “Terimakasih sudah berkunjung ke FISIP UPNVJ. Kami senang menjalin hubungan yang baik sebagai awal penjajakan dari kerja sama dan bisa menyerap ilmu ITS pengembangan level institusi, baik dari tingkat prodi,” ucapnya.

Dekan FISIP UPNVJ, S. Bekti Istiyanto, menyambut hangat dosen Department studi pembangunan ITS, yaitu Banu Prasetyo,S.Fil., M.Phil, Hermanto, SS., M.Pd, dan Aurelius Ratu, SS, M.Hum. Beliau juga membanggakan prestasi Program Studi Ilmu Komunikasi UPNVJ yang berhasil masuk ke dalam peringkat ke-6 dari 10 besar peminat terbanyak pada SNBT 2023.

Beliau menambahkan bahwa FISIP UPNVJ sedang menyiapkan tiga program studi baru, dan dari Program Studi Hubungan Internasional, mereka sedang merencanakan pembukaan double degree dengan Universitas di Kazakhstan.

Sementara itu, perwakilan ITS menyampaikan bahwa ITS tidak murni seperti UPNVJ, awalnya berdiri sebagai MKU lalu diminta untuk dibentuk menjadi Sains Komunikasi. ITS tidak memiliki mata kuliah peminatan, melainkan kelompok konsentrasi riset.

“Dalam kerjasama antara kampus, biasanya kampus negeri tidak menerima kampus luar negeri. Namun, sebagai Badan Layanan Umum, UPNVJ lebih mudah menerima kerja sama sehingga memudahkan kegiatan pertukaran mahasiswa,” tambah Dekan FISIP UPNVJ.

Koordinator Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ, Dr. Azwar menyampaikan bahwa semester 5 dan 6 mahasiswa diwajibkan mengikuti Magang Bersertifikat Kemahasiswaan (MBKM) untuk meningkatkan kualitas pendidikan di UPNVJ. Hal ini sejalan dengan inovasi baru di UPNVJ, di mana mahasiswa yang ingin lulus dapat membuat film sebagai pengganti skripsi.

Azwar juga menjelaskan perbedaan antara FISIP UPNVJ dan ITS. “Di FISIP UPNVJ, ilmu sosial banyak masuk ke dalam mata kuliah ilmu komunikasi. Berbeda dengan ITS, yang unggul dalam bidang komunikasi digital karena reputasinya dalam teknologi,” ucapnya. Ia juga menekankan bahwa banyak mahasiswa FISIP UPNVJ yang langsung bekerja setelah lulus karena telah mengikuti magang di tempat kerja mereka sebelumnya berkat program MBKM.

Menanggapi perbedaan tersebut, Dekan FISIP UPNVJ menyatakan bahwa di UPNVJ, mahasiswa diberi kesempatan untuk meningkatkan kompetensi lain. “Kami mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), seperti UKM UFO yang fokus pada fotografi,” katanya.

Diskusi yang berlangsung diakhiri dengan undangan untuk melihat laboratorium di lingkungan FISIP UPNVJ, sebagai upaya untuk lebih mendekatkan kedua institusi. –AEA-

× Hubungi Kami