Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Pelatihan Dasar Siaran merupakan program kerja pertama Fourtyfive Radio yang bertujuan untuk mempersiapkan crew/anggota baru Fourtyfive Radio agar lebih matang dalam menjalankan siaran satu periode kedepan. Program kerja ini diadakan tiap tahun dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang dari anggota baru Fourtyfive Radio. Pelatihan Dasar siaran telah dilaksanakan pada Hari Selasa-Jumat tanggal 16-19 Januari 2024.

Kegiatan ini diadakan di ruang kelas gedung FISIP B, laboratorium multimedia, dan laboratorium radio gedung FISIP A. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta yang berlangsung dari jam 09.00-15.00. Joe Falenzky Ramadhan selaku Project Officer bersama dengan seluruh panitia berhasil melaksanakan program kerja Pelatihan Dasar Siaran dengan baik.

Pada kegiatan ini, crew/anggota baru Fourtyfive Radio akan diberikan materi yang berhubungan dengan posisi siaran seperti produser, operator, dan announcer serta menjadi penentu posisi siaran mereka selama satu periode kedepan.

Pelatihan Dasar Siaran diawali dengan kelas produser yang berisikan materi gimmick dan bonding, materi penulisan script, redaks serta tweet, dan praktek pembuatan artwork di laboratorium multimedia. Pada hari kedua, peserta mengikuti kelas announcer yang berisi materi mengenai bridging & punchline, chemistry & role, serta artikulasi dan intonasi. Pada hari ketiga, peserta mengikuti kelas operator yang berisi materi mengenai log siaran & musik serta melaksanakan praktek menggunakan mixer di laboratorium radio.

Kegiatan Pelatihan Dasar Siaran ditutup dengan dummy yang memberikan kesempatan terhadap crew untuk mencoba siaran di lab radio, peserta menjalankan siaran dengan posisi tertentu secara bergiliran sesuai program yang ditentukan.

× Hubungi Kami