Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Prodi Hubungan Internasional FISIP UPN “Veteran” Jakarta sukses merampungkan persiapan akhir untuk pembukaan program Joint Degree (Gelar Bersama) dengan Departemen Hubungan Internasional Kazakh Ablai Khan University of International Relations and World Language. Upaya finalisasi Kerjasama internasional tersebut dilakukan di kampus Ablai Khan University, Almaty Kazakhstan melalui kunjungan langsung delegasi Prodi HI FISIP UPN “Veteran” Jakarta pada tanggal 19-22 Februari 2024. Ini adalah tindak lanjut MOU tentang Kerja sama internasionalisasi akademik yang disepakati pada 2022 lalu.

Delegasi UPN “Veteran” Jakarta yang diwakili langsung oleh Koordinator Program Studi Hubungan Internasional Wiwiek Rukmi Dwi Astuti,S.IP.,M.Si dan Sekretaris Program Studi M. Chairil Akbar Setiawan,S.IP.,M.A. tiba di kota Almaty, Kazakhstan pada Senin (19/2/2024). Keduanya disambut secara hangat dan sangat baik oleh sejumlah pejabat Rektorat, Fakultas, dan Departmen Ablai Khan University. Hadir pada pertemuan tersebut yaitu Wakil Rektor untuk strategic development – Dana Kunanbayeva Wakil Rektor untuk Academic Affairs- Assel Chaklikova, Wakil Rektor untuk International Cooperation- Zhanar Zhyltyrova, Kepala Kantor Urusan Internasional – Tansholpan Abdigappar, Kepala Kantor Regulasi dan Penjaminan Mutu – Svetlana Temirgaliyeva, Dekan Fakultas of International Relations, Law and Business- Nuraddin Kudaibergenov, dan Ketua Departmen Hubungan Internasional Zhansaya Sembayqyzy. Rapat finalisasi program Joint Degree langsung dilakukan di hari yang sama dan dilanjutkan keesokan harinya.

Selama 2 hari sejumlah topik penting didiskusikan terutama yang berkaitan dengan konversi SKS, pilihan mata kuliah, Jumlah Ijazah yang dikeluarkan, metode perkuliahan dan magang, hingga mekanisme penyelesaian Tugas Akhir. Sinkronisasi Kurikulum kedua Universitas adalah aspek fundamental bagi pembukaan Program Joint Degree.  Rapat berjalan sukses dan menghasilkan beberapa kesepakatan penting. Salah satu kesepakatan tersebut adalah Program Joint Degree antara Prodi HI FISIP UPN “Veteran” Jakarta dan Ablai Khan University akan mulai dibuka pada semester ganjil tahun akademik 2024-2025. Pengiriman mahasiswa oleh masing-masing Universitas dimulai pada semester Genap 2025-2026 atau Januari 2025 dimana mahasiswa akan menghabiskan 4 semester dalam masa studinya di host University.

Program Joint Degree ini pada prinsipnya adalah upaya UPN “Veteran” Jakarta dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa dalam semangat internasionalisasi akademik. Kelas Internasional pertama kali akan dibuka pada Juni 2024 mendatang yang akan memayungi program Joint Degree dengan Ablai Khan University, Kazakhstan. Ablai Khan University sendiri adalah salah satu kampus terkemuka di Kazakhstan yang terspesialisasi pada kajian Hubungan Internasional dan menawarkan pembelajaran 14 Bahasa Asing.

× Hubungi Kami