Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Obrolan Seputar Sosial Politik (OPTIK) merupakan program kerja BEM FISIP UPNVJ yang dinaungi oleh Bidang Sosial Politik, Departemen Riset dan Aksi Kajian Strategis. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan narasumber yang kali ini diisi oleh Dosen Hubungan Internasional, Dini Putri Saraswati, S. HI. MA,.

Dalam kegiatan ini, Departemen Kastrat bekerja sama dengan narasumber untuk menghasilkan sebuah video podcast pencerdasan kepada masyarakat luas terutama KEMA FISIP itu sendiri. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 22 Februari 2024 di ruangan podcast gedung FISIP A lantai 3.

Judul dari OPTIK edisi 1 adalah Eksodus Etnis Rohingya: Pelanggaran HAM Terhadap Etnis Rohingyayang dimulai pada penjelasan bagaimana awal terjadinya diskriminasi dari etnis-etnis mayoritas Myanmar terhadap etnis rohingya yang dianggap sebagai pendatang dari wilayah Bangladesh, yang berujung pada pengusiran besar-besaran. Tentu hal ini banyak memunculkan perspektif baru dan bagaimana Indonesia menyikapi hal ini karena dalam UUD 1945, dijelaskan bahwa Indonesia mendukung penghapusan terhadap segala bentuk penjajahan yang terjadi.

Dari kegiatan ini, diharapkan masyarakat dan KEMA FISIP dapat mencermati serta mengkritisi dan terus mengawal isu ini agar mendapat atensi lebih dari dunia Internasional. Kami sebagai mahasiswa dan sebagai masyarakat Indonesia dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru terhadap apa yang terjadi di sekitar kita khususnya isu sosial dan politik.

Dengan adanya podcast ini, diharapkan dapat menambah sumber referensi para pendengar diluar artikel, berita dan lain-lain dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya.

× Hubungi Kami