Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Salah satu Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, tepatnya dari Jurusan Ilmu Komunikasi, Dr. Fitria Ayuningtyas yang sekaligus saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik, Fakultas llmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta menjadi Dosen Tamu di Program Studi Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Depok untuk mata kuliah Komunikasi Antarbudaya yang diampu oleh Dra. Amelita Lusia, M.Si. Selain menjadi Dosen Tetap di Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia, Amelia saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Universitas Indonesia. (25/2/2024)

Pada kesempatan tersebut, perkuliahan dibuka oleh Amelia. Fitria memberikan materi tentang Komunikasi Nonverbal dalam Konteks Komunikasi Antarbudaya. Pada tahun 2022 lalu, Fitria pun berhasil menerbitkan Buku Ajar : Komunikasi Antarbudaya dalam Perspektif Periklanan Kreatif. Fitria menerangkan bahwa komunikasi nonverbal adalah proses penyampaian pesan tanpa menggunakan kata-kata.

Dalam bukunya, menurut Ayuningtyas, dkk (2022), komunikasi nonverbal merupakan komunikasi yang dilakukan melalui ekspresi selain kata-kata. Contohnya adalah tatapan mata, gestur tubuh, ekspresi wajah, bahasa isyarat, dan ekspresi lainnya selain kata-kata yang terucap. Komunikasi nonverbal hanya memungkinkan dapat terjadi kita komunikasi dilakukan secara tatap muka langsung, karena hanya dengan bertemu secara langsung kita dapat melihat dengan jelas ekspresi wajah, gestur tubuh, dan tatapan mata dari lawan bicara atau target audience yang kita tuju saat melakukan komunikasi (Mulyana, 2012).

Fitria pun menyebutkan bahwa, Edward T. Hall menamai komunikasi nonverbal sebagai silent language.

Perkuliahan ditutup dengan memberikan kuis kepada 40 mahasiswa di kelas tersebut dan dimenangkan oleh Luthfan dan Luthfan mendapatkan doorprize dari Fitria berupaya buku yang ditulis olehnya.

× Hubungi Kami