Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Juani Yusuf mengukuhkan Putri Vadilah mahasiswi S1 Ilmu Prodi Politik FISIP UPNVJ menjadi Duta Baca Jakarta Utara pada hari Selasa, 5 Maret 2024

Juani berharap, dengan dikukuhkannya Bunda Literasi dan Duta Baca Jakarta Utara dapat meningkatkan pemahaman literasi masyarakat untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota global.

“Selamat kepada Putri Vadilah yang baru saja dikukuhkan. Saya percaya bisa menjadi role model yang menginspirasi dalam membangun sumber daya masyarakat yang gemar membaca,” ujarnya, di Ruang Fatahillah, Lantai 2 Kantor Walikota Jakarta Utara, Selasa (5/3).

Juaini menjelaskan, pelantikan Duta Baca ini adalah bukti nyata komitmen Pemerintah Kota Jakarta Utara dalam memperjuangkan pentingnya literasi di tengah-tengah masyarakat.

“Pengukuhan ini menjadi sebuah amanah untuk menjadi teladan dalam mempromosikan budaya membaca dan menumbuhkan minat literasi di kalangan generasi muda,” terangnya.

Menurutnya, literasi adalah kunci pembuka pintu menuju masa depan yang cerah. Melalui membaca tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tetapi juga membuka wawasan, memperluas horison, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis.

“Saat ini informasi berkembang dengan cepat, kemampuan literasi menjadi semakin krusial. Melalui peran Duta Baca dan Bunda Literasi, saya yakin pesan-pesan positif tentang pentingnya membaca dan literasi akan tersebar luas,” ungkapnya.

Juaini berpesan, Putri dapat saling bersinergi dengan jajaran pemerintah, sekolah, dan pihak swasta untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Ia menambahkan, dalam acara pengukuhan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan bagi pemenang lomba perpustakaan.

“Semoga lomba ini tidak hanya menjadi kegiatan seremonial, tapi bisa memotivasi dan meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Utara, Gunas Mahdianto menuturkan, Juara 1 Lomba Perpustakaan dimenangkan SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading, Juara 2 SMA Negeri 18 Jakarta, dan Juara 3 diraih SMA Negeri 13 Jakarta.

‘Selamat kepada para pemenang. Semoga prestasi diraih bisa menjadi motivasi untuk lebih baik lagi,” bebernya.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan Terima kasih dengan dikukuhkannya Putri Vadilah yang menjadi Duta Baca Jakarta Utara.

“Kami berharap Bunda Literasi dan Duta Baca dapat bersinergi dengan tiap perpustakaan di sekolah. Misalnya, membuat berbagai aktivitas seperti diskusi, bedah buku serta merangkum di perpustakaan sekolah agar minat baca anak akan semakin meningkat,” tandasnya. –AEA-

Sumber

× Hubungi Kami